suplemenGKI.com

Yohanes 15:16-25

Dipilih Untuk Berbuah

 

Pada Yohanes 15:1-8, dikisahkan bahwa Yesus adalah pokok anggur yang benar dan kita semua ranting-rantingnya. Ayat berikutnya ayat 9-17, mengingatkan kita untuk saling mengasihi, sedangkan ayat 18-25, mengingatkan kalau dunia membenci orang-orang yang percaya kepada Yesus.

  1. Apa yang Yesus katakan tentang pemilihan orang-orang percaya?
  2. Apa yang diharapkan dari orang-orang yang percaya?
  3. Peringatan apakah yang Yesus berikan untuk orang-orang yang percaya?
  4. Mengapa dunia menbenci pengikut Kristus?
  5. Pelajaran apakah yang kita dapat dari bacaan ini?

 

Renungan:

Tuhan Yesus mengingatkan kepada murid-muridNya bahwa untuk dapat memilih Tuhan Yesus itu bukan berdasarkan kehendak kita semata-mata namun hal ini terjadi karena Tuhan Yesuslah yang terlebih dahulu memilih kita, sehingga kita dimampukan untuk memilih atau mengasihi Dia. Jadi kita dipilih bukan karena keadaan atau kondisi kita namun karena Tuhan yang mau dengan kita tanpa melihat apa yang kita miliki. Namun demikian Tuhan bukan hanya memililih kita tanpa tujuan atau arah, sehingga kita tidak tahu apa yang akan kita perbuat, tetapi Tuhan menghendaki kita supaya kita menghasilkan buah dan buah itu tetap. Buah itu tetap berkaitan dengan sesuatu yang dapat kita lihat dan rasakan. Beberapa pengertian tentang menghasilkan buah, Pertama, Buah berkaitan dengan buah pertobatan (Mat 3:8), menghasilkan buah yang sesuai dengan pertobatan kita masing-masing. Jadi orang yang sudah bertobat pasti akan menghasilkan kelakuan yang memuliakan nama Tuhan. Kedua , Buah berkaitan dengan buah Roh (Gal 5:22-23). Sebagai orang yang percaya seharusnya buah Roh semakin lama semakin nampak jelas di dalam kehidupan kita, sehingga orang lain tidak sangsi kepada kita sebagai pengikut Kristus, namun justru semakin memuliakan Tuhan karena buah Roh yang ada dalam kehidupan kita nampak jelas. Ketiga, buah yang menetap berkaitan dengan banyaknya jiwa-jiwa yang kita hantar kepada Kristus, semakin lama semakin banyak orang yang mengenal Kristus melalui kehidupan kita (yoh 15:8).

Tuhan Yesus mengingatkan kepada murid-muridNya bahwa jangan heran kalau nanti dunia membenci kamu sebagai orang-orang yang percaya atau sebagai pengikutKU. Karena dunia yang diwakili oleh orang-orang yang tidak percaya tidak mau mengenal Allah yang mengutus Yesus. Orang-orang yang tidak percaya (dunia) tidak mempercayai apa yang telah Tuhan Yesus lakukan di dunia ini sehingga dunia menolak Tuhan Yesus bersama-sama dengan pengikutNya, dan bahkan dunia akhirnya membenci pengikut Kristus. Tuhan Yesus menguatkan para murid-muridNya untuk tetap beriman kepadaNya, karena dunia telah lebih dahulu menbenci Tuhan Yesus.

Pemilihan Tuhan Yesus kepada kita disertai dengan tugas khusus untuk tetap berbuah walaupun banyak orang yang tidak menyukai kehadiran orang-orang yang percaya. Tuhan Yesus tetap memerintahkan kita untuk mengasihi orang-orang yang membenci kita bahkan mendoakan mereka supaya mendapat berkat dari Tuhan.

Mari kita tetap hidup dalam rencana Tuhan supaya kita tetap menjadi berkat bagi sesama kita.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*