suplemenGKI.com

SABTU, 1 JUNI 2013

31/05/2013

MATIUS 6:11 “ Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya

ALL YOU CAN EAT

 

PENGANTAR
Seringkali kita jumpai di beberapa resto terdapat promo “all you can eat“ dimana setiap pengunjung cukup membayar sejumlah harga tertentu untuk per orang (per pax) dan dapat menikmati seluruh hidangan yang telah disediakan dalam promo tersebut.  Hal ini tentu saja membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya dan tak jarang dijumpai juga banyak pengunjung yang rela antri berjam-jam tanpa mereka sadar dengan kondisi kesehatan masing-masing.  Tentu saja kita juga harus realistis bahwa kondisi di atas tidak mungkin dijalani tiap hari dan ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dengan cermat sebagaimana renungan hari ini.

PEMAHAMAN
Dalam bacaan kita hari ini terdapat dua pertanyaan penting sebagai bahan perenungan kita yaitu :

Mengapa dalam Doa Bapa Kami juga dinyatakan permohonan tentang makanan?

Mengapa permohonan tersebut hanya untuk satu hari?

 

Apabila kita merenungkan bacaan di atas maka setidaknya ada 2 hal penting yang dapat kita pelajari:

  1. Tuhan Yesus SANGAT PEDULI terhadap kebutuhan pokok (secara jasmani) dalam hidup manusia.  Sehingga kita sebagai anak-anakNya harus tetap PERCAYA bahwa Dia mampu menyediakan dan mencukupkan KEBUTUHAN kita dengan caraNya yang ajaib seturut rencanaNya.  Namun perlu diingat bahwa KEBUTUHAN tidak sama dengan KEINGINAN sehingga kita harus bijak dalam hidup ini TERMASUK DALAM HAL MEMILIH MAKANAN YANG KITA MAKAN.

 

  1. Kata “pada hari ini” ingin mengajarkan kepada kita bahwa RASA CUKUP dalam hidup dan MEMPERCAYAKAN hidup kepada Tuhan merupakan bagian yang paling mendasar dan penting.  Salah seorang Dokter Internis yang terkenal di Surabaya juga pernah mengingatkan agar RASA CUKUP dalam mengkonsumsi makanan juga perlu diwujudkan dalam bentuk menjaga 3 “J” secara tertib yaitu : Jam makan, Jenis makanan dan Jumlah yang dimakan.

Dalam kitab Amsal 23:1-3 kita juga diingatkan agar kita belajar menguasai diri dalam hal makanan ” Bila engkau duduk makan dengan seorang pembesar, perhatikanlah baik-baik apa yang ada di depanmu.Taruhlah sebuah pisau pada lehermu bila besar nafsumu.Jangan ingin akan makanannya yang lezat itu adalah hidangan yang menipu

REFLEKSI
Coba Anda menenangkan diri sejenak dan merenungkan kembali pemeliharaan Tuhan yang sudah diwujudkan dalam memenuhi kebutuhan jasmani Anda selama ini dan apakah Anda masih merasa galau dengan hidup Anda sehari-hari?

TEKADKU
Tuhan Yesus berilah aku keyakinan untuk mempercayakan seluruh kehidupanku termasuk kebutuhan jasmaniku ke dalam tangan pemeliharaanMu.  Amin!

TINDAKANKU
Belajar mengingat dan mensyukuri setiap anugrah Tuhan dalam kehidupan setiap hari baik secara pribadi maupun bersama-sama dengan keluarga.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«