suplemenGKI.com

MOTIVASI PELAYANAN

1 Korintus 3:10-17

 

PENGANTAR
                Tanpa kita sadari setiap gerakan atau tindakan untuk melakukan segala sesuatu selalu di dasari oleh motivasi kita. Bahkan keberhasilan atau kesuksesan seseorang juga tak luput dari motivasinya. Motivasi dalam mencapai tujuan hidup ternyata sangat penting, bahkan orang yang kehilangan motivasi dalam hidupnya pasti tidak bersemangat menjalani hidup ini bahkan bisa menjadi orang yang mudah putus asa. Bagaimana kalau motivasi itu kita terapkan dalam pelayanan? Mari kita membaca bagian renungan pagi ini?
PEMAHAMAN
ay 10-11, Bagaimana Paulus menggambarkan dirinya sebagai pelayan Tuhan?
ay 12, Macam apa sajakah orang meletakkan dasar pelayanannya?
ay 13, Bagaimana menguji motivasi pelayanan ?
ay 14-15, Apa yang menjadi konsekuensi dari setiap motivasi pelayanan?
ay 16-17, Apa yang Paulus masihatkan tentang tubuh ini?

Paulus menggambarkan dirinya sebagai seorang ahli bangunan yang cakap, maka seorang ahli bangunan akan menghitung semua komponen yang ada untuk mendirikan bangunannya. Bagi Paulus yang paling penting adalah dasar atau fondasi bangunan itu. Fondasi bangunan yang benar akan sanggup menopang bangunan itu dengan baik dan bahkan lama untuk bertahan. Demikian juga di dalam pelayanan ada banyak orang yang bisa mendirikan bangunan (jemaat) dengan berbagai macam fondasi.

Bagi Paulus ketika akan membangun bangunan (Jemaat) maka fondasi yang kokoh adalah Yesus Kristus, maka diluar Kristus akan menjadi fondasi yang rapuh. Paulus menuturkan ada banyak orang yang membangun dengan fondasi yang berbeda-beda, ada yang emas, perak, batu permata, kayu, rumput kering, atau jerami. Semua bangun itu akan teruji pada waktunya, apakah dibangun dengan fondasi yang kuat atau hanya ala kadarnya.

Paulus benar-benar menyadari bahwa untuk membangun sebuah jemaat maka motivasi seseorang yang melayani sangat penting dan bahkan menentukan arah dari pertumbuhan jemaatnya. Bagi Paulus motivasi untuk terus memuliakan Tuhan itu ada di dalam setiap pelayanannya. Sehingga apapun yang ada dalam dirinya (tubuhnya) adalah milik Tuhan.

Paulus tidak gentar dengan orang-orang yang memusuhi dirinya karena dirinya adalah milik Kristus, jadi apapun yang akan terjadi dalam hidupnya pasti Tuhan tahu dan Tuhan memberikan perlindungan tepat pada waktuNya. Motivasi untuk terus memuliakan Tuhan di dalam setiap pelayanan yang Paulus lakukan membuat Ia senantiasa bersemangat untuk menjalani kehidupan ini.

REFLEKSI
Ambil waktu beberapa menit untuk merenungkan: Apa yang menjadi motivasi pelayanan kita kepada Tuhan? Bagaimana kalau orang tidak menghargai pelayananmu apakah saudara menjadi marah?

TEKADKU
Ya Tuhan, seringkali kami melayani dengan motivasi dan kepentingan diri kami sendiri, ampunilah dan perbaharuilah motivasi pelayanan kami?

TINDAKANKU
Saya akan terus menghayati bahwa hidupku harus memuliakan Tuhan disetiap waktu.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«