suplemenGKI.com

Sabtu, 1 Januari 2011

31/12/2010

Matius 25 : 31 – 46.

“Pengharapan Baru”

Selamat Tahun Baru 2011.

Acara menyambut datangnya tahun baru biasanya berlangsung semalam suntuk, dengan acara-acara khusus. Ketika saatnya mulai mendekat, orang banyak bersama-sama melakukan penghitungan mundur detik-detik  pergantian tahun tersebut, dan berpuncak pada peluncuran kembang api, atau angkat gelas atau meniup trompet kegaduhan. Memang acara rutinitas seperti itu tidak benar-benar baru karena sering dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, dan benar yang dikatakan pengkotbah bahwa “tidak ada yang baru dikolong langit ini”. Namun demikian, bagi umat Tuhan, datangnya tahun baru selalu dapat membawa makna dan pengharapan baru atau pengharapan yang dibaharui.

Pertanyaan penuntun.

1.       Kisah penghakiman terakhir memberikan pelajaran bahwa kelak setiap perbuatan harus dipertanggung jawabkan di hadapan sang Hakim yang adil, bagaimana sikap kita seharusnya ?

2.       Kita termasuk kelompok yang mana ? kawanan domba atau kambing ?

3.       Makna apa yang dapat kita petik dari kisah penghakiman terakhir ini ?

RENUNGAN.

Peristiwa yang akan menjadi “saat akhir” sejarah dunia beserta ruang dan waktunya dinyatakan sendiri oleh Tuhan Yesus. Dan dalam peristiwa terakhir itu Tuhan Yesus, Sang Anak manusia akan menduduki singgasanaNya. Tuhan Yesus akan duduk sebagai Raja dan akan menghakimi semua baik yang sudah lama mati atau yang mati kemudian. Yang menarik adalah bahwa penghakiman Tuhan didasarkan pada criteria sederhana, yaitu apa yang diperbuat manusia kepada sesamanya/saudara yang paling hina. Dan dengan jelas Tuhan menyebutkan siapa manusia yang paling hina itu ? mereka adalah orang-orang yang lapar, haus dan telanjang ( orang yang menderita dan miskin ). Selain orang miskin Tuhan juga menyebutkan criteria lain yaitu orang asing, orang sakit, orang yang dipenjarakan ( karena Injil Kristus ). Mereka adalah orang-orang yang memerlukan kebebasan/ kemerdekaan.

Orang-orang yang menunjukkan kasih kepada mereka-mereka yang kurang beruntung ini, dengan bantuan nyata, bukan hanya kata-kata akan diberkati Tuhan masuk kepada kelompaok “domba”, dan mereka akan ditempatkan disebelah kanan Tuhan dan mewarisi Kerajaan Allah dan hidup kekal. Namun sebaliknya orang-orang yang tidak peduli terhadap sesamanya yang menderita dan teraniaya akan masuk dalam kategori “kambing”, dan mereka akan dicampakkan kedalam kematian kekal dan “hidup” tersiksa.

Kita ( saudara dan saya ) kira-kira termasuk kelompok yang mana ? “domba” atau “kambing”.  Jawabannya ada didalam hati kita masing-masing. Akan tetapi dari peristiwa Penghakiman terakhir ini kita di ingatkan tentang beberapa hal ;

1.       Bahwa pada hari penghakiman saudara dan saya akan diperhadapkan kepada Kursi Pengadilan Allah.

2.       Bahwa saudara dan saya akan mempertanggung jawabkan setiap perbuatan kita yang telah kita lakukan.

3.       Peristiwa ini mengajarkan kepada kita sebagai orang beriman kepada Tuhan Yesus Kristus kita di tuntut untuk peduli kepada sesame yang menderita.

4.       Peristiwa ini mengajarkan kepada kita agar kita selalu berhati-hati dalam bertindak, karena kelak kita akan diperhadapkan kepada Kursi pengadilan Tuhan Yesus.

Hari ini kita memasuki tahun baru 2011, sudah barang tentu ada banyak harapan baru yang ingin kita capai. Barangkali pada tahun yang lalu kita banyak melakukan kesalahan dan kegagalan, biarlah semua itu menjadi pengalaman ya ng berharga untuk memacu kita mencapai harapan baru tersebut. Kiranya Tahun baru membantu kita ‘melihat kedepan’ kearah pengharapan ketika Tuhan memberi kebahagiaan kekal kepada kita yang percaya kepada Tuhan Yesus. Amin.

“Selamat memasuki Tahun Baru 2011, dengan penuh pengharapan bahwa Tuhan Yesus akan menuntun perjalanan hidup kita”.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*