suplemenGKI.com

Efesus 4:1-16.

 

Hidup berpadanan dengan panggilan Tuhan.

 

Pengantar:

Sesuatu yang seimbang, sepadan atau sesuai dengan porsi dan proporsinya pasti menyenangkan. Jika itu adalah musik maka indah untuk didengar, jika itu adalah situasi maka akan menyenangkan, jika itu adalah makanan maka enak untuk dinikmati dan lain-lain.

Kita meyakini bahwa setiap orang yang telah percaya kepada Tuhan Yesus Kristus dipanggil untuk hidup berpadanan dengan panggilan-Nya (v. 1) Hidup berpadanan dengan panggilannya berarti sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh yang memanggil dan hidup sesuai dengan posisi yang telah diberikan oleh yang memanggil. Posisi setiap orang percaya  adalah berada pada kehidupan yang sudah diselamatkan oleh karena anugerah dan kasih Kristus. Bagaimanakah hidup sebagai orang-orang yang sudah diselamatkan?

Pemahaman:

1)      Apakah yang dikehendaki Paulus bagi orang-orang yang sudah diselamatkan? (v. 2-6)

2)      Apakah yang dikehendaki Kristus bagi kita sesuai dengan panggilan kita (v. 7-12)

3)      Apa tujuan kita hidup berpadanan dengan panggilan kita? (v. 13-16)

Paulus mengawali seruannya dengan kata “Hendaklah…” Hal itu menunjukan bahwa sebagai orang-orang yang telah hidup dalam keselamatan, adalah merupakan suatu keharusan untuk hidup seperti panggilannya, yang dilakukan bukan lagi karena diperintah atau didorong  oleh pihak lain melainkan dengan kesadaran yang lahir dari dalam diri orang percaya itu sendiri. Hidup rendah hati, lemah-lembut, sabar, saling mengasihi, saling membantu, berusaha memelihara kesatuan sesama anggota tubuh Kristus harusnya sudah menjadi gaya hidup bagi orang-orang yang sudah diselamatkan, itulah hidup berpadanan dengan panggilan.

Pada setiap orang yang telah diselamatkan juga telah diperlengkapi dengan berbagai kemampuan atau karunia. Perlengkapan itu bukan untuk memegahkan diri lalu kemudian  memandang rendah orang lain, tetapi perlengkapan itu harus digunakan untuk membangun sesama anggota tubuh Kristus (v. 11-12) Membangun sesama anggota tubuh Kristus berarti setiap orang percaya harus saling menguatkan, mendorong dalam kebaikan, saling membantu, saling mengingatkan agar dapat bertumbuh bersama dalam Kristus.

Tujuannya adalah agar setiap orang percaya mencapai kesatuan iman dalam arti pengetahuan dan penghayatan yang benar akan Tuhan Yesus, sehingga semakin dewasa dalam rohani dan tidak mudah goyah oleh angin-angin pengajaran sesat, melainkan semakin kuat dan teguh di dalam iman kepada Tuhan Yesus Kristus.

Refleksi:
Mari kita merenung sejenak, apakah kita masing-masing sudah hidup berpadanan dengan panggilan kita?

Tekad:
Tuhan Yesus, saya menyadari bahwa saya belum hidup berpadanan dengan panggilan-Mu tolonglah saya agar mampu hidup sepadan dengan panggilan-Mu.

Tindakan:
Setiap hari saya akan mengingatkan diri saya lewat HPDT, bahwa saya sudah diselamatkan dan harus hidup sepadan dengan keselamatan yang adalah anugerah Tuhan itu.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«