suplemenGKI.com

Sabtu, 21 Mei 2011
Yohanes 14:1-3


Apakah arti rumah bagi Saudara? Banyak orang mendambakan memiliki rumah yang bukan hanya sebuah bangunan tapi suasana yang memberikan rasa aman, nyaman dan damai. Pulang ke rumah berarti menikmati suasana damai penuh kasih; berjumpa orang-orang terkasih yang memberikan damai di hati. Apakah Saudara sudah memiliki rumah yang seperti itu?

Pendalaman Teks Alkitab:

Ayat 1 : Bagaimanakah situasi dan kondisi yang sedang dialami oleh para murid KRISTUS?
Ayat 2-3: Apakah yang dijanjikan TUHAN YESUS kepada para murid-Nya?

Renungan

Menjelang perpisahan dengan gurunya, para murid gelisah karena mereka akan kehilangan Sang Guru yang selama ini memberikan pengayoman bagi mereka. Kegelisahan ini muncul setelah TUHAN YESUS memberitakan tentang pengkhianatan oleh Yudas dan tentang pergiNya serta tentang penyangkalan Petrus. Mereka merasakan seolah dunia mereka hendak ambruk, semuanya akan berubah dan kacau balau. Oleh karena itulah TUHAN YESUS meminta mereka untuk mempercayakan hidup mereka kepada TUHAN; memegang TUHAN erat-erat. TUHAN YESUS ingin menguatkan mereka bahwa kepergian-Nya hanya sementara untuk menyiapkan rumah masa depan penuh damai sejahtera bagi mereka; rumah yang akan menjadi tempat tinggal bersama TUHAN, penuh kebahagiaan dan kedamaian.

Janji TUHAN ini bukan hanya berisi pengharapan di masa depan setelah orang-orang percaya meninggalkan dunia ini, tapi juga merupakan jaminan bagi setiap murid bahwa kesusahan yang akan mereka alami akan berbuahkan kebahagiaan abadi apabila mereka sungguh-sungguh percaya dan mempercayakan diri kepada TUHAN. Memang tidak mudah untuk memahami kehendak dan karya TUHAN namun hidup beriman adalah menyerahkan diri sepenuhnya kepada TUHAN di tengah ketidakmengertian akan misteri kehidupan. Selalu ada karya baik yang TUHAN siapkan bagi kita semua; bahkan selalu ada rumah damai sejahtera yang TUHAN siapkan ditengah banyak kegelisahan manusia yang dilanda aneka badai kehidupan.

Apakah saat ini Saudara merasakan rumah damai sejahtera? Ataukah rumah Saudara mendatangkan kegelisahan dan kekuatiran? Sudahkah Saudara mempercayakan hidup kepada TUHAN dengan sepenuh hati? Jangan lewatkan waktu hidup ini dengan sia-sia, segeralah berpegang erat pada tangan TUHAN yang terulur menyelamatkan maka Saudara akan dituntun memasuki rumah damai sejahtera. Jangan biarkan gunung persoalan menghalangi pandangan Saudara dari TUHAN. Terus pandang dan percaya pada TUHAN dalam setiap keadaan.

Ingat dan nyanyikanlah: NKB 172
Dalam rumah BAPA-ku banyak tempatnya, terdengar suara YESUS yang merdu
DIA pergi ke negri trang Sorga yang baka menyediakan tempatmu dan tempatku

Refrein: Jangan tolak kasih TUHAN-mu setia, agar kau pun boleh masuk trang mulia
Dalam rumah Bapaku banyak tempatnya. Percayalah tentu kau ditrima-Nya

Bila kau ditinggalkan teman-temanmu, dalam dunia ini yang penuh sesal
Pandang YESUS Juruslamat dan TUHAN-mu, pada-Nya persahabatan yang kekal.

Refrein:……………


“Cukuplah bagiku bila TUHAN selalu bersamaku”

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*