suplemenGKI.com

RAJIN BERBUAT BAIK

20/06/2014

Tetapi sekalipun kamu harus menderita juga karena kebenaran, kamu harus berbahagia. Sebab itu janganlah kamu takuti apa yang mereka takuti dan janganlah gentar … Sebab lebih baik menderita karena berbuat baik, jika hal itu dikehendaki Allah, daripada menderita karena berbuat jahat.” – 1 Petrus 3:14, 17

Menjadi orang baik itu lebih mudah daripada menjadi orang benar. Orang yang baik belum tentu benar, sebaliknya orang yang benar, meski tidak selalu bisa dirasakan kebaikannya di awal, namun pada akhirnya akan selalu mendatangkan kebaikan. Sebab tidak ada kebaikan yang bisa dihasilkan dari ketidakbenaran. Dunia kita sedang kacau balau dan terbalik. Orang mengatakan kejahatan itu baik, dan kebaikan itu jahat.
Itu sebabnya bagi setiap orang Kristen yang hidup di tengah dunia yang demikian, untuk berbuat kebenaran dan kebaikan tentu mengandung risiko. Tidak pernah ada jaminan bahwa ketika kita berbuat benar, maka semua orang akan sepaham dengan kita. Malah sebaliknya, risiko untuk difitnah, untuk menderita itu jauh lebih mendekati kita yang dengan setia melakukan kebenaran.
Namun itu tidak boleh membuat kita gentar, melainkan melihatnya dan melakukannya sebagai tantangan yang harus kita hadapi. Sebab untuk itulah kita dihadirkan di muka bumi ini. Terlebih, firman Tuhan menghibur kita dan menguatkan kita bahwa menderita karena kebenaran itu membahagiakan. Daripada menderita karena berbuat jahat. Dan Tuhan berpesan agar prinsip itu membuat kita tidak gentar, tidak takut. Dunia takut kehilangan teman, pekerjaan, uang, nama, ketika kebenaran diperjuangkan. Namun anak-anak Tuhan jangan ikut-ikutan takut pada apa yang dunia takuti, melainkan cukup hanya dengan takut akan Tuhan.
Takut akan Tuhan yang dinyatakan dengan hidup dalam kebenaran dan rajin berbuat baik akan mendatangkan kebahagiaan. Mengapa demikian? Karena kita telah hidup sesuai dengan cara hidup Kristus (ay.15-18), kita akan mampu mempertanggungjawabkan hidup di hadapan Tuhan dan sesama. Bukankah itu kebahagiaan yang sejati? Diperkenan oleh Kristus dan menyukakan hatiNya.

“Takut akan Tuhan mampu mengatasi segala macam ketakutan yang lain untuk tetap setia berbuat baik dan benar.”

– Reison -

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*