suplemenGKI.com

RAJA ORANG YAHUDI

26/11/2010

(Lukas 23 : 33-43)

Tuhan Yesus menjelang kematianNya, harus mengalami siksaan yang berat sampai di kayu salib. Bahkan di kayu salibpun Ia harus menderita ejekan dari pemimpin-pemimpin, yang katanya : “Orang lain Ia selamatkan, biarlah sekarang Ia menyelamatkan diriNya sendiri, jika Ia adalah Mesias, orang yang dipilih Allah.” (Lukas 23 : 35).

Juga prajurit-prajurit mengolok-olokkan Dia. Dia dinobatkan sebagai Raja orang Yahudi oleh orang-orang Yahudi yang iri hati dan yang membenci Dia. Meskipun sangat singkat penobatan itu, Tuhan Yesus memberikan pelajaran yang sangat berharga kepada orang-orang Yahudi juga kepada kita sekalian. Pertama tentang kasih.

Dalam Lukas 23 : 34, Yesus berkata : “Ya, Bapa, ampunilah mereka, sebab mereka tidak tahu apa yang mereka perbuat.” Itulah kasih Agape, kasih tanpa pamrih. Meskipun Tuhan Yesus sudah disiksa, dipukuli, dihina bahkan sampai digantung di kayu salib, tetapi mulutNya tidak pernah mengutuki dan minta agar BapaNya membalasnya, tetapi malah sebaliknya memohon agar BapaNya mengampuni. Kasih ada 4 (empat) macam yaitu kasih Agape, kasih Filea (Fileo), kasih Eros dan kasih Stroge. Tuhan Yesus pada waktu masih hidup sudah mengajarkan tentang kasih. Dalam Matius 5 : 44, “Tetapi Aku berkata kepadamu : Kasihilah musuhmu dan dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.”

Ke dua tentang Iman. Pada waktu Tuhan Yesus digantung di kayu salib ada dua orang penjahat disebelahNya, yang satu tidak percaya dan tetap mengejek Tuhan Yesus, sedang yang satunya baik dan percaya kepada Tuhan Yesus. Maka terjadilah mujizat keselamatan (Lukas 23 : 43).

Biarlah renungan yang pendek ini boleh menjadi berkat bagi setiap orang yang membacanya.

-SL-

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*