suplemenGKI.com

Rabu,31 Agustus 2016

30/08/2016

Ulangan 30:15-20

PILIHLAH KEHIDUPAN!

PENGANTAR
Hidup ini penuh dengan pilihan. Sejak bangun pagi hari hingga tidur malam hari, kita berhadapan dengan berbagai macam pilihan. Bagaimana kita bersikap dan berperilaku dalam kehidupan kita juga dapat dilihat sebagai pilihan-pilihan yang harus kita ambil sepanjang hari. Keputusan yang kita ambil mengenai bagaimana bersikap dan berperilaku setiap hari sangatlah penting karena berdampak secara luas dalam kehidupan kita. Bahkan, pilihan-pilihan itu juga mempengaruhi masa depan kita. Jadi, Pilihlah kehidupan.

PEMAHAMAN

Ay. 15          Tuhan menghadapkan kepada umat-Nya dua macam pilihan. Pilihan apa sajakah itu?

Ay. 16          Jika kita hendak memilih kehidupan, apa yang harus kita lakukan? Apa dampaknya bagi kita?

Ay. 17-18   Apa yang dilakukan oleh orang-orang yang memilih kematian? Apa akibatnya bagi mereka?

Ay. 19-20   Mengapa Tuhan mendorong kita memilih kehidupan? Jaminan apa yang Tuhan berikan bagi kita?

Kepada umat-Nya, Tuhan memberikan dua pilihan: kehidupan dan kematian. Kehidupan di sini adalah cara hidup yang membawa kita pada keberuntungan (atau, kebaikan). Kematian di sini adalah cara hidup yang membawa kita pada kecelakaan (atau, kejahatan). Setiap hari, bahkan setiap detik, dalam kehidupan kita, kita harus memilih salah satu di antara dua macam pilihan ini.

Agar sikap dan perilaku kita mendatangkan kebaikan, kita harus mengasihi Tuhan dan hidup sesuai dengan firman-Nya. Sikap dan perilaku ini berhubungan erat dengan sikap dan cara mereka menerima dan menikmati berkat yang mereka terima dari Tuhan (ay. 16, “di negeri ke mana engkau masuk untuk mendudukinya”).

Orang-orang yang memilih kematian – atau, memilih cara hidup yang jahat – tersesat dalam penyembahan berhala. Mereka tidak akan dapat menikmati berkat-berkat Tuhan yang seharusnya tersedia bagi mereka (ay. 18).

Meskipun kita harus bertanggung jawab terhadap pilihan kita sendiri dan segala konsekuensinya, namun Tuhan mendorong kita untuk memilih kehidupan. Untuk itu, Tuhan menjamin janji-Nya kepada orang-orang yang memilih kehidupan. Agar manusia memahami jaminan Tuhan ini maka Ia memanggil langit dan bumi menjadi saksi.

REFLEKSI
Ketika Tuhan memberi kesempatan kepada Anda untuk memilih antara kehidupan dan kematian, apakah Anda telah menggunakan kesempatan itu dengan baik? Bagaimana cara Tuhan menolong Anda memilih kehidupan?

TEKADKU
Tuhan, tolonglah aku agar mampu mengubah sikap dan perilaku yang membawaku pada kejahatan. Mampukan aku untuk mengembangkan sikap dan perilaku yang membawa pada kebaikan, baik bagi diriku maupun bagi sesamaku.

TINDAKANKU
Aku akan memohon kepada salah seorang yang sangat mengenal aku (suami atau istri, sahabat, dsb.) untuk menolong aku memperbaiki sikap dan perilakuku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«