suplemenGKI.com

Rabu, 9 Oktober 2013

08/10/2013

Bacaan : Mazmur 111:1-10

 

TUHAN ITU ADIL DAN BESAR

 

PENGANTAR
Ibadah umat Kristen berfokus pada perbuatan-perbuatan Allah dalam diri Yesus Kristus yang selalu hadir memberi pertolongan. KasihNya yang nyata dalam penderitaan, kematian dan kebangkitanNya serta pemberian Roh Kudus yang memimpin kita sampai sekarang. Perbuatan-perbuatan Allah itu dibaca, direnungkan, dan dirayakan menjadi pola hidup dan pokok puji-pujian dari umat, termasuk kita.

PEMAHAMAN

  1. Apa isi ucapan syukur umat dalam nyanyiannya? (ayat 1-3)
  2. Apa yang harus selalu diingat oleh Pemazmur? (ayat 4-9)
  3. Kita belajar tentang apa di ayat 10?

Jika kita mengadakan kebaktian ucapan syukur di rumah dan mengundang jemaat yang lain untuk turut bergembira bersama kita, maka hendaklah ucapan syukur yang kita adakan itu didasarkan bahwa Tuhan-lah yang telah menyelamatkan hidup kita dari malapetaka dan dari setiap kesulitan yang kita hadapi. Maka dengan demikian kita sedang mengajak jemaat untuk turut merasakan apa yang kita rasakan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebenarnya Tuhan sudah melakukan banyak hal kepada kita, dari hal-hal kecil dan sederhana sampai kepada hal-hal yang besar dan luar biasa. Pemazmur hendak mengajarkan kepada kita bahwa betapa besarnya Tuhan dalam setiap karyaNya dan betapa kecilnya umat (kita) dihadapanNya. Hal ini menyadarkan kita agar kita selalu mengingat Tuhan dalam setiap langkah kehidupan kita.

Lalu apa saja yang perlu diingat tentang Tuhan? Yang perlu diingat tentang Tuhan yaitu bahwa Tuhan adalah pengasih dan penyayang (ayat 4b) dan penuh kasih setia. Dengan terus mengingat Tuhan maka kita akan selalu menyandarkan hidup kita kepada Tuhan sehingga kita akan beroleh rezeki/berkat dari Tuhan (ayat 5).

Disinilah kita akan dimampukan menjalani hidup dengan takut akan Tuhan, dimana kita akan terus bergantung pada Tuhan walaupun kita banyak menghadapi dan mengalami situasi sulit. Dengan  hidup bergantung pada Tuhan, maka kita akan terus mengalami pertolongan Tuhan, sehingga hal itu akan membuat hidup kita selalu bersyukur dan memuji Tuhan. Bagaimana dengan saudara?

REFLEKSI
Dalam situasi tenang, ambillah waktu sejenak untuk merenung, apakah yang sudah Tuhan kerjakan dalam hidup saudara, baik hal-hal yang kecil maupun yang besar. Apakah yang paling berkesan bagi saudara? Berdoalah dengan penuh syukur!

TEKADKU
Ya Tuhan, sesungguhnya Engkau telah melakukan banyak hal dalam kehidupanku, keluargaku, maupun pekerjaanku. Untuk itu saya mengandalkan Tuhan dalam kehidupan saya.

TINDAKANKU
Mulai hari ini saya harus berusaha memuji Tuhan dan bersyukur, karena Dia baik.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«