suplemenGKI.com

Bacaan : Mazmur 98 : 1-9

Tema :  Pujilah Tuhan.

PENGANTAR.

Pujian kepada Tuhan, baik melalui kata-kata maupun melalui nyanyian sering kita dengar dimanapun dan oleh siapapun. Ketika kita bertemu dengan teman kita atau kenalan kita, kita menanyakan bagaimana kabarnya ? lantas ia menjawab “Puji Tuhan” baik-baik. Yang hendak disampaikan disini adalah ia memuji Tuhan karena keadaannya baik-baik.  Atau ketika kita bertemu dengan orang yang baru sembuh dari sakit, kita bertanya “bagaimana keadaanmu ? lantas ia menjawab : “Puji Tuhan” semua ini berkat pertolongan Tuhan. Kalimat Puji Tuhan atau Terpujilah Tuhan sering terucap dari umat Tuhan yang mendapat pertolongan Tuhan. Ekspresi yang sama adalah dengan nyanyian. Orang Kristen menyanyi sambil beraktifitas meluap dari hatinya yang senang karena pertolongan Tuhan. Renungan hari ini mengajak kita untuk memuji Tuhan.

PEMAHAMAN.

  1. Mengapa pemazmur mengajak umat percaya memuji Tuhan ? ( ayat 1-3 )
  2. Bagaimana pemazmur mengekpresikan pujian kepada Tuhan ? ( ayat 4-9 )
  3. Bagaimana kita menghayati dalam memuji Tuhan.

Pemazmur mengajak umat Tuhan untuk memuji Tuhan, “Nyanyikanlah nyanyian baru bagi Tuhan”. Ada beberapa alasan mengapa pemazmur mengajak umat Tuhan memuji nama-Nya. Pertama : Karena Tuhan Allah telah melakukan perbuatan-perbuatan ajaib. Maksudnya adalah pertolongan Tuhan yang dinyatakan kepada pemazmur. Kedua : karena Tuhan telah menyelamatkan umat-Nya. Ia telah membawa umat-Nya keluar dari Babel. Ketiga : Karena Tuhan itu penuh kasih setia kepada umat-Nya. Kasih setia Tuhan dinyatakan melalui pemeliharaan dan penjagaan-Nya kepada umat-Nya.

Oleh karena itu pemazmur memuji Tuhan dengan bersorak-sorak, bergembira, bersorak-sorai (ayat 4) dengan diiringi kecapi (ayat 5), nafiri dan sangkakala (ayat 6). Pemazmur meluapkan rasa sukacita dan kegembiraannya dengan memuji Tuhan. Dan pujian itu ditujukan kepada Tuhan.

Sebagai umat percaya yang selalu mendapatkan pertolongan dan kasih Tuhan, selayaknya kita juga memuji Tuhan. Semua orang Kristen pasti sering mendapatkan pertolongan Tuhan, berkat Tuhan, penyertaan Tuhan dan banyak hal lagi. Bagi kita yang telah banyak mendapatkan pertolongan Tuhan, ungkapkanlah perasaan saudara untuk memuji Tuhan dengan sukacita. Karena hal itu dapat menguatkan iman kita dan iman orang Kristen yang lain. Marilah kita memuji Tuhan. Amin.

REFLEKSI.

Renungkanlah ! apakah saudara sering mendapatkan pertolongan, berkat, keselamatan dari Tuhan ? bagaimana perasaan saudara ? apakah saudara memuji Tuhan ?

TEKADKU.

Ya Tuhan Allah kami, saya mengucap syukur kepada-Mu atas pertolongan, berkat, keselamatan yang Tuhan beri. Kini biarkanlah saya memuji-Mu.

TINDAKANKU.

Saya harus memulai memuji Tuhan dalam segala keadaan, setiap hari.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*