suplemenGKI.com

Rabu, 9 Januari 2019

08/01/2019

KUASA KEHADIRAN TUHAN

Mazmur 29:1-9

 

Pengantar
Ada kalanya ketika kita menghadapi suatu masalah, maka masalah itu akan tampak seperti sebuah lingkaran hitam yang besar. Hingga pada akhirnya kita lupa bahwa Tuhan ada dan hadir di setiap pergumulan kita. Tuhan selalu hadir dalam setiap kehidupan kita dan Ia bekerja seturut kehendak-Nya, yang terkadang tidak bisa diduga oleh pikiran manusia. Renungan hari ini akan mengajak kita untuk melihat dan merasakan kehadiran Tuhan dengan cara-Nya yang ajaib.

Pemahaman

  • Ayat 1-2         : Bagaimanakah seharusnya sikap kita ketika Tuhan hadir di tengah-tengah kita?
  • Ayat 3-9         : Dengan cara/bentuk apakah Tuhan hadir?

Mazmur 29 diawali dengan sebuah ajakan bagi para penghuni sorgawi (=malaikat-malaikat) untuk memuji dan memuliakan Tuhan yang telah menciptakan seluruh alam semesta. Nama Allah adalah nama yang kudus dan layak ditinggikan. Kehadiran-Nya dalam alam semesta juga turut dirasakan oleh manusia ciptaan-Nya. Oleh karena itu pemazmur meminta kita untuk sujud menyembah kepada-Nya sebagai wujud ibadah  dan penghormatan kita kepada Tuhan sang Pencipta alam semesta (ayat 1-2).

Lebih lanjut pemazmur menggambarkan kehadiran Tuhan di ayat 3-9 dengan begitu unik. Tuhan hadir dengan “Suara-Nya” di atas air, guntur, mematahkan pohon aras Libanon, menyemburkan nyala api, membuat padang gurun gemetar, membuat beranak rusa betina yang mengandung. Kehadiran Tuhan tak tampak secara langsung oleh mata manusia, tetapi dapat dilihat dan dirasakan melalui kedahsyatan dan kehebatan kuasa-Nya atas alam semesta. Hal ini hendak menyadarkan kepada kita bahwa kehadiran Tuhan bukan hanya sebatas pemenuhan harapan dan kebutuhan saja, melainkan Tuhan juga hadir di dalam alam semesta yang menunjukkan kehebatan kuasa-Nya. Jika selama ini kita berbangga atas pencapaian-pencapaian dalam hidup, sesungguhnya tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan kekuasaan Tuhan atas semesta. Oleh sebab itu sebagai anak-anak Allah sudah selayaknya kita senantiasa bersyukur, memuji, dan memuliakan Allah yang telah menciptakan alam semesta dan pemilik hidup kita.

Refleksi
Tuhan selalu hadir dalam hidup saudara dan bekerja dengan cara yang ajaib. Persoalan-persoalan yang seringkali membuat kita tidak berdaya, ternyata Tuhan selesaikan seturut kehendak-Nya. Jika demikian halnya, mengapa terkadang kita masih sering menomorsatukan masalah daripada berserah penuh kepada Tuhan? Bersyukurlah senantiasa atas kehadiran-Nya yang memampukan kita tetap bertahan hingga saat ini.

Tekadku
Tuhan, ampuni bila aku seringkali tidak mensyukuri pertolongan dan kebaikan-Mu dalam hidupku. Ajarku untuk tetap memuliakan-Mu atas segala penyertaan-Mu dalam hidupku.

Tindakanku
Hari ini aku akan memberanikan diri untuk berbagi kesaksian kepada salah seorang tetanggaku tentang kehadiran Allah yang memulihkan dan mengubahkan hidupku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«