suplemenGKI.com

Rabu, 9 April 2014

08/04/2014

Filipi 2 : 5 – 11

 

KERENDAHAN HATI MEMBUAHKAN KETINGGIAN HIDUP

 

Pengantar
Banyak orang mengupayakan dan mencari kemuliaan hidup atau penghargaan yang tinggi dengan jalan kesombongan bahkan merugikan orang lain. Namun ternyata kemuliaan hidup atau penghargaan tertinggi justru diperoleh dengan jalan kerendahan hati. Hal inilah yang mau diungkapkan oleh Rasul Paulus kepada jemaat di Filipi yang kehidupan orang-orang di sekitar mereka yang sangat mengejar kehormatan hidup dengan berupaya mencapai kesetaraan dengan kelompok kaum berada dan terpandang, yakni dengan mereka yang berstatus sosial tinggi. Jadi marilah kita memperhatikan Surat Filipi 2 : 5 – 11 agar memperoleh penggambaran dan pemahaman yang lebih jelas.

Pemahaman

Ayat 5 – 8    : Apa keutamaan hidup yang ingin diungkapkan melalui pernyataan dalam ayat-ayat ini ?

Ayat 9 – 11  :  Apa buah dari keutamaan hidup yang diteladankan oleh TUHAN YESUS ?

Keutamaan hidup atau hal berharga yang ingin diungkapkan bagi orang-orang percaya di Filipi adalah kerendahan hati dalam hidup bersama, yang mana hal tersebut diteladankan sendiri oleh TUHAN YESUS secara sempurna. Dalam kerendahan hati inilah juga tercermin sikap taat yang penuh terhadap rencana dan kehendak ALLAH Bapa.

Buah dari kerendahan hati dan ketaatan hidup adalah penghargaan yang luar biasa kepada TUHAN YESUS. ALLAH sangat meninggikan-NYA dan mengaruniakan kepada-NYA nama di atas segala nama, dimana segala lutut bertelut dan semua lidah mengaku bahwa YESUS Kristus adalah TUHAN bagi kemuliaan ALLAH Bapa.

Refleksi
Marilah kita merenungkan, apakah selama ini kita lebih berupaya untuk hidup ke arah peningkatan status sosial kita, atau lebih hidup dalam semangat kerendahan hati ? Penghargaan dunia atau penghargaan di mata ALLAH yang menjadi tujuan hidup kita.

Tekad
Ya TUHAN, pimpinlah saya dengan kuasa Roh Kudus agar dapat memiliki kerendahan hati dalam hidup bersama dengan sesama serta hidup dalam ketaatan kepada TUHAN.

Tindakan
Mulai hari ini, saya tidak akan mengejar berbagai status sosial dan gengsi duniawi, dan lebih mengarahkan hidup pada semangat kerendahan hati

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«