suplemenGKI.com

ROH-NYA MENYERTAI

Hakim-hakim 15:9-20

 

Pengantar
Kita dikenal karena identitas diri yang kita tampilkan. Identitas diri dapat ditentukan dari hal-hal yang dapat dilihat secara fisik, seperti jenis kelamin, warna kulit, struktur wajah, yang membedakan kita dengan orang lain. Identitas juga dapat dilihat dari perilakunya, misal: kemurahan hati yang selalu ditampilkan, respons yang selalu gembira, sifat pemarah, atau lainnya. Sebagai orang percaya, maka sesungguhnya salah satu identitas kita adalah mewujudkan kehadiran Roh di dalam hidup kita sebagai bentuk nyata bahwa Ia selalu bersama kita setiap saat.

Pemahaman

  • • Ayat 9-13             : Mengapa orang Yehuda menyerahkan Simson?
  • • Ayat 14-20           : Bagaimana cara Roh Tuhan menyertai kehidupan Simson?

Simson adalah seorang hakim yang memimpin orang Israel agar mereka terhindar dari tekanan bangsa Filistin. Simson dikenal secara populer sebagai tokoh yang memiliki kekuatan fisik luar biasa. Hal itu juga dapat kita lihat melalui bagian bacaan pada hari ini.

Kehadiran Roh Tuhan sudah menjadi identitas Simson dalam berbagai langkah kehidupannya. Roh Tuhan berkuasa atas Simson ditegaskan ketika Simson berhadapan dengan bahaya-bahaya yang mengancamnya. Simson tidak hanya dikenal sebagai orang yang bertubuh kuat namun ia juga memiliki relasi yang erat dengan Tuhan. Akan tetapi, orang-orang Filistin tidak pernah senang dengan apa yang dilakukan oleh Simson terhadap mereka. Pasukan Filistin menyerang Yehuda dengan tujuan untuk menangkap Simson.

Karena penyerangan itu, orang-orang Yehuda akhirnya menyerahkan Simson karena mereka takut akan serangan Filistin dan mereka sudah kalah dari pasukan Filistin. Ketakutan itulah yang menguasai orang-orang Yehuda sehingga mereka mendatangi Simson. Dalam situasi yang penuh dengan ketakutan, Simson diserahkan. Sebagai orang yang selalu disertai oleh Roh Tuhan, Simson menunjukkan dirinya yang malah dipenuhi dengan keberanian. Walau ia diikat, ia berhasil melepaskan diri dan mengalahkan orang-orang Filistin sebab Roh Tuhan menguasainya.

Meski kisah ini diwarnai dengan kekerasan dan gaya kepahlawanan Simson, namun sesungguhnya kita sedang diperhadapkan pada 2 (dua) sisi kehidupan, yaitu hidup yang dikuasai oleh ketakutan dan hidup yang dikuasai oleh Roh. Hidup yang dikuasai oleh ketakutan diperlihatkan oleh orang-orang Yehuda, sedangkan kemenangan Simson atas orang Filistin ditandai dengan keberanian yang diberikan oleh Roh Tuhan kepada Simson. Masalah yang dihadapi oleh keduanya adalah masalah yang sama, yaitu berjuang menghadapi pasukan Filistin. Ternyata, ketakutan tidak menyelesaikan permasalahan. Hanya bersama dengan Tuhan, setiap persoalan dapat dihadapi. Bukan juga dengan kemampuan manusia semata, tetapi karena penyertaan Tuhan.

Refleksi
Marilah kita menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut di dalam hati kita masing-masing:

1)      Apakah kita sudah mampu keluar dari berbagai ketakutan hidup?

2)      Apakah kita sudah mampu merasakan bahwa Tuhan berkuasa dalam hidup kita?

Roh Tuhan ada pada Simson yang membuatnya memiliki kemampuan untuk menghadapi persoalan besar. Simson tidak memperlihatkan ketakutannya, tetapi Roh Tuhan yang ada padanya menuntunnya untuk mengatasi permasalahan kehidupan. Begitu juga dengan kehidupan kita pada saat ini. Berbagai persoalan atau masalah bisa saja kita temui di dalam kehidupan kita setiap hari. Hanya dengan percaya bahwa Roh-Nya menyertai kehidupan, kita bisa semakin siap menghadapi tantangan-tantangan di dalam kehidupan. 

Tekadku
Tuhan, kami tidak ingin dikuasai ketakutan. Ajarkanlah kami agar selalu percaya bahwa kuasa-Mu lebih besar daripada segala kemampuan kami dan buatlah kami mampu berhadapan dengan setiap persoalan dengan berani di dalam tuntunan-Mu. 

Tindakanku
Pada hari ini, saya akan semakin percaya bahwa Tuhan akan selalu menjaga dan melindungi saya di tengah berbagai persoalan hidup yang menakutkan. Saya juga akan belajar menghadapi hal-hal yang menakutkan di dalam hidup ini dalam tuntunan dan penyertaan Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*