suplemenGKI.com

Rabu, 8 Januari 2020

07/01/2020

MARI MEMULIAKAN TUHAN!

 

Mazmur 29:1-2

 

Pengantar
Banyak hal dalam kehidupan kita sudah dicukupi oleh Tuhan lewat berkat dan anugerah-Nya. Ia juga terus menyertai kita dalam setiap pergumulan kehidupan kita. Oleh karena itu Pemazmur mengajak kita untuk semakin memuliakan Tuhan dalam segala aspek kehidupan. Marilah kita merenungkannya agar hidup kita juga semakin memuliakan Tuhan! 

Pemahaman 

  • Ayat 1        : Mengapa Pemazmur mengajak umat memuliakan TUHAN?
  • Ayat 2        : Bagaimana cara memuliakan Tuhan menurut Pemazmur?

Daud sebagai penulis Mazmur mengajak kita untuk sungguh-sungguh memuliakan nama Tuhan. Ajakan memuliakan Tuhan ini berada dalam konteks rasa syukur Daud atas kekuatan dan kekuasaan Tuhan di dalam kehidupan ini. Daud menekankan bahwa kita diberi kesempatan untuk selalu memuliakan nama-Nya. Kita dapat memuliakan Tuhan bila kita terus menyadari dan percaya bahwa TUHAN Maha mulia dan Maha kuat.

Daud melanjutkan ajakan memuliakan Tuhan dengan sujud menyembah Tuhan  dan hidup dalam kekudusan. Sujud berarti tunduk dan  menaruh rasa hormat.  Bila kita menyadari bahwa sesungguhnya kita sedang berada di hadapan Tuhan, Sang maha mulia dan maha kuat, maka dengan sukacita kita akan tunduk dan menaruh rasa hormat kepada-Nya; sujud menyembah Dia.

Bagi Pemazmur, sikap tunduk  dan sujud menyembah Tuhan tak bisa dipisahkan dari hidup dalam kekudusan. Artinya sujud menyembah dan memuliakan Tuhan bukan hanya dengan kata-kata pujian tapi mewujud nyata dalam perilaku hidup sehari-hari. Ini berarti setiap orang yang mengaku sujud menyembah Tuhan mestinya mau berkomitmen untuk hidup kudus tanpa dosa hingga nama Tuhan dimuliakan.

Refleksi
Banyak hal dalam kehidupan ini terjadi sesuai dengan kehendak Tuhan. Matahari terbit pada siang hari dan bulan pada malam hari adalah tanda kuasa Tuhan yang bekerja. Saat ini, mari mengingat rutinitas kita sehari-hari. Apakah kita telah merasakan kuasa Tuhan dalam kehidupan sehari-hari?  Apakah kita telah mensyukuri kuasa Tuhan dengan berperilaku sesuai dengan kehendak Tuhan dan memuliakan nama-Nya? Berapa besar keinginan kita untuk serius berkomitmen memuliakan nama Tuhan?

Tekadku
Tuhan, aku mau berkomitmen untuk memuliakan nama-Mu tidak hanya di bibir saja, tetapi juga sungguh-sungguh melakukannya dalam seluruh aspek kehidupan.

Tindakanku

  •  Mulai hari ini, aku belajar mengucapkan pujian kepada Tuhan, baik dalam sukacita maupun dalam kesulitan sebab aku telah merasakan kuasa Tuhan dalam kehidupanku.
  • Aku akan mewujudkan kerinduan memuliakan Tuhan dengan hidup kudus; setia melakukan perintah & kehendak Tuhan; berani mengatakan TIDAK kepada dosa yang ingin mencemarkan hidupku.
Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«