suplemenGKI.com

BERSYUKUR ITU HIDUP DALAM KEBENARAN                                                                                                              

1 Timotius 1 : 12 – 17

Pengantar
Rasa syukur tidak selalu muncul karena kita mengalami atau menemukan sebuah kebenaran. Terkadang kita bersyukur karena lepas dari sebuah kesulitan atau berhasil mencapai sesuatu yang diharapkan, atau memiliki apa yang dibutuhkan. Rasa syukur yang tidak dikaitkan dengan kebenaran tidak akan membawa rasa hormat dan kemuliaan bagi TUHAN, karena sekedar berkaitan dengan kehidupan manusiawi kita. Maka marilah kita belajar dari rasul Paulus tentang makna bersyukur dalam kebenaran sebagaimana dituliskan dalam surat 1 Timotius 1 : 12 – 17.

Pemahaman

Ayat   12 – 14      :  Apa yang rasul Paulus syukuri di hadapan TUHAN?

Ayat   15 – 17      :  Apa kebenaran yang rasul Paulus terima sepenuhnya?

Rasul Paulus bersyukur kepada kepada TUHAN YESUS yang menguatkan dirinya, dan karena TUHAN menganggapnya setia serta mempercayakan sebuah pelayanan kepadanya. Rasul Paulus menyadari bahwa dulu ia adalah seorang penghujat dan penganiaya yang ganas, tetapi kemudian dikasihani TUHAN. Dulu semua perbuatan itu telah dilakukannya tanpa pengetahuan yaitu di luar iman. Rasul Paulus mengungkapkan bahwa kasih karunia TUHAN YESUS dikaruniakan kepadanya secara berlimpah dengan iman dan kasih dalam Kristus.

Kebenaran yang rasul Paulus terima sepenuhnya adalah bahwa TUHAN YESUS KRISTUS  datang ke dunia untuk menyelamatkan orang berdosa,” dan di antara mereka dialah (rasul Paulus) yang paling berdosa. Tetapi justru karena itu ia dikasihani, agar dalam dirinya sebagai orang yang paling berdosa, TUHAN YESUS KRISTUS menunjukkan seluruh kesabaran-NYA. Dengan demikian rasul Paulus dapat menjadi contoh bagi mereka yang kemudian percaya kepada TUHAN dan mendapat hidup yang kekal. Maka biarlah hormat dan kemuliaan sampai selama-lamanya bagi Raja segala zaman, ALLAH yang kekal, yang tak nampak, yang esa! Amin.

Refleksi
Marilah kita mengambil waktu hening sejenak dan merenungkan:

  • Apakah kita telah sungguh hidup bersyukur kepada TUHAN?
  • Apa kebenaran yang telah kita terima sepenuhnya?

 

Tekad
Ya ALLAH, jadikan aku pribadi yang sungguh bersyukur kepada TUHAN dan setia hidup dalam kebenaran yang aku terima dari TUHAN.

Tindakanku
Hari ini saya mau menyatakan syukur melalui sebuah nyanyian  syukur kepada TUHAN dan menuliskan pokok kebenaran iman yang saya terima di buku catatan atau agendaku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«