suplemenGKI.com

Rabu, 7 Maret 2018

06/03/2018

Bilangan 21:8-9

 

“Anugerah Allah Hadir Di Tengah Kerumitan Hidup”

Pengantar:
            Meminta pertolongan adalah tindakkan yang sangat tepat ketika kita sedang mengalami kesulitan, penderitaan dan kebuntuan hidup. Tetapi ironisnya tidak sedikit orang yang mengaku percaya kepada Tuhan ketika mengalami kerumitan hidup justru menjauh dari Tuhan. Itulah yang sering dilakukan oleh bangsa Israel, ketika mereka mengalami penderitaan, kesulitan dan hajaran dari Tuhan karena kedegilan hati mereka, tidak jarang mereka justru memilih ingin kembali ke Mesir, seakan Mesir adalah sumber jawaban dari kerumitan hidup mereka. Namun dalam bacaan hari ini, kita ditunjukkan bahwa anugerah – kasih – dan pemulihan Allah selalu tersedia bagi mereka yang dikasihi-Nya.

Pemahaman:

1)      Mengapa Allah memerintahkan Musa untuk membuat patung ular di saat bangsa Israel sedang terpuruk? (v. 8)

2)      Apa penghayatan penting dari perintah Allah agar bangsa Israel memandang pada patung ular tembaga ketika mereka mengalami keterpurukan hidup? (v. 9)

Allah adalah pribadi yang konsisten dengan rencana, kasih dan janji-Nya kepada umat Israel. Ketika Ia memutuskan untuk membawa bangsa Israel keluar dari Mesir, Ia berjanji memberikan tanah perjanjian kepada umat-Nya dan hendak menjadikan Israel sebagai umat pilihan-Nya. Itu semua dilakukan-Nya bukan sekedar sebuah kegiatan atau unjuk kebolehan supaya Mesir tahu bahwa Allah adalah Allah yang berkuasa atas Mesir, tetapi semua itu dilakukan oleh Allah karena Ia telah berjanji: bahwa Israel akan menjadi bangsa yang besar, bahwa Ia mengasihi umat-Nya dan Ia telah berjanji bahwa bangsa Israel akan mewarisi tanah perjanjian. Itulah yang disebut bahwa Allah konsistens terhadap rencana, kasih dan janji-Nya. Maka ketika Allah memerintahkan Musa untuk membuat patung ular yang ditinggikan atas sebuah tiang dan setiap orang Israel yang memandangnya akan selamat itu juga karena Allah konsisten terhadap rencana-Nya bagi umat Israel dan melalui bangsa Israel kelak Mesias akan datang. Tiang yang menggantung patung ular, sesungguhnya melambangkan Mesias akan datang untuk menyelamatkan setiap orang yang memandang, mempercayai dan menerima-Nya sebagai Tuhan dan Juruselamatnya. Jadi di tengah-tengah keterpurukan umat-Nya, anugerah Allah hadir untuk menolong, membebaskan dan menyelamatkan mereka. Itulah pula yang dilakukan oleh Yesus Kristus bagi setiap kita, maka marilah kita tetap konsisten memandang hanya kepada Dia.

Refleksi:
Renungkanlah, apakah kita selalu konsisten mengarahkan pandangan kepada Yesus Kristus, apapun musim kehidupan yang kita alami? Atau lebih tergoda pada rayuan dunia!

Tekad:
Tuhan, ampuni saya karena seringkali ketika mengalami kerumitan hidup saya lebih cepat memandang kepada dunia, dari pada mengarahkan pandangan hanya kepada-Mu.

Tindakkan:
Belajar konsisten mengarahkan pandangan kepada Yesus Sang sumber pertolongan sejati dalam segala musim kehidupan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«