suplemenGKI.com

Rabu, 7 Juli 2021

06/07/2021

MASA DEPAN YANG BERPENGHARAPAN

Yeremia 16 : 14 – 21   

 

Pengantar
Sebuah alat atau bangunan yang mengalami kerusakan berat tentu tidak saja membutuhkan proses perbaikan yang khusus, tapi juga tenaga ahli yang tepat dan hebat. Bahkan terkadang harus mengalami proses penggantian pada bagian yang tidak bisa diperbaiki lagi. Lalu bagaimana jika yang rusak itu adalah hidup manusia, yang diakibatkan dosa. Siapa yang dapat memulihkannya? Dalam bacaan Alkitab hari ini, yaitu Yeremia 16 : 14 – 21 kita diingatkan akan keberadaan TUHAN yang menjadi sumber pemulihan hidup dan masa depan kita 

Pemahaman
Ayat 14 – 18         :  Bagaimana pengharapan dan kehidupan baru yang TUHAN sediakan bagi umat-NYA?
Ayat 19 – 21         :  Apa yang terjadi di masa berikutnya?

TUHAN berfirman bahwa sesungguhnya waktunya akan datang, bahwa tidak ada lagi perkataan: “Demi TUHAN yang hidup yang menuntun orang Israel keluar dari tanah Mesir, melainkan demi TUHAN yang hidup yang menuntun orang Israel keluar dari tanah utara dan dari segala negeri ke mana IA telah menceraiberaikan mereka”. Sebab TUHAN akan membawa umat-NYA pulang ke tanah yang telah TUHAN berikan kepada nenek moyang mereka. Ini menunjukkan adanya suatu proses atau masa pemulihan kehidupan umat TUHAN. Dan bahwa kasih setia TUHAN sungguh nyata.

Namun masa pemulihan itu akan terjadi setelah proses penghukuman yang luar biasa, sebagaimana dinyatakan dalam ayat 18, bahwa TUHAN akan mengganjar dua kali lipat kesalahan dan dosa mereka, oleh karena mereka telah menajiskan negeri TUHAN dengan bangkai dewa-dewa mereka yang menjijikkan dan telah memenuhi tanah milik TUHAN dengan perbuatan mereka yang keji. Jadi semuanya itu harus melalui jalan dan proses yang tidak mudah dan tidak singkat.

Pada akhirnya, segala peristiwa dan proses ini akan membawa pada pengakuan iman bahwa TUHAN adalah kekuatan dan benteng kehidupan umat-NYA. TUHAN adalah tempat pelarian pada hari kesesakan. Dan bangsa-bangsa dari ujung bumi akan datang kepada TUHAN serta berkata: “Sungguh, nenek moyang kami hanya memiliki dewa penipu, dewa kesia-siaan yang satupun tiada berguna.” Jadi pada kesempatan inilah TUHAN akan memberitahukan tentang kekuasaan dan keperkasaan-NYA, untuk menyatakan kemuliaan nama-NYA bagi semua bangsa.

Ingatlah selalu bahwa masa depan itu ada, bagi mereka yang menaruh pengharapan kepada TUHAN sebagai sumber pemulihan dan keselamatan hidup.

Refleksi
Dalam keheningan hati marilah kita mengambil waktu untuk merenungkan:

  • Apakah kita tetap memiliki pengharapan hidup di dalam TUHAN saja?
  • Apakah kita sedia untuk mengalami pemulihan hidup dari TUHAN walau harus dengan jalan atau proses yang berat? 

Tekadku
TUHAN, jadikan aku pribadi yang berpengharapan akan masa depan yang indah di dalam TUHAN.

Tindakanku
Dalam situasi pandemi Covid-19 dan seterusnya, saya bertekad untuk tetap menghadirkan karya TUHAN yang memulihkan dan membawa pengharapan bagi sesama.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»