suplemenGKI.com

Rabu, 7 Juli 2010

06/07/2010

Mazmur 25 : 1 – 11.

Menyelami jalan Tuhan.

Hidup ini penuh dengan tantangan, persoalan dan banyak kesulitan yang menghadang. Untuk itu pemazmur  kali ini mengajak kita untuk merenungkan bagaimana kita seharusnya menjalani  kehidupan ini ?

  1. Ayat 1 – 3. Bagaimana pemazmur menyatakan imannya ditengah-tengah kesulitan hidup ?
  2. Ayat 4 – 5. Apa yang dimaksud dengan kalimat “Beritahukanlah jalan-jalanMu” kepadaku ya Tuhan, dalam permohonan pemazmur ?
  3. Ayat 6 – 7. Bagaimana pemazmur  memohon ampun atas dosa-dosanya agar jalan Tuhan ditunjukkan kepadanya ?
  4. Ayat 8 – 11. Apakah Tuhan menyatakan jalanNya yang harus diikitu pemazmur ?

Renungan .

Tantangan, persoalan dan kesulitan hidup bisa menerpa siapapun tanpa kecuali termasuk saya dan anda. Bila persoalan dan kesulitan itu ternyata sedang menerpa kita saat ini, padahal kita sudah menjalani kehidupan dengan taat dan setia kepada Tuhan, maka kita jangan menyerah terhadap persoalan dan kesulitan tersebut. Pemazmur mengajar kita bagaimana seharusnya kita menghadapinya.

  1. Pemazmur  tetap mengaku percaya. ( ayat 1 – 3 )

Pemazmur  mengangkat jiwanya kepada Allah untuk berdoa dan mengarahkan perhatiannya kepada Tuhan. Ia mempercayakan diri sedemikian rupa kepada Tuhan, sehingga tak mungkin ia dipermalukan oleh musuh-musuhnya, karena Tuhan akan menyelamatkan orang yang percaya.

  1. Pemazmur  memohon agar Tuhan menunjukkan jalanNya ( ayat 4 – 11 ).

Dihadapan ancaman musuhnya dan didalam kesulitan pribadi yang dialaminya, pemazmur meminta agar Tuhan menunjukkan/memperkenalkan jalanNya kepada pemazmur. Dengan menunjuk jalan, “jalan rata” atau “jalan hidup”, pemazmur memohon diajar sedemikian rupa supaya ia tetap hidup menurut jalan yang ditunjukkan Tuhan, yang penuh kebenaran dan keadilan yang tak lain adalah Hukum Allah ( Ul 9 : 12,16 ). Dan jalan itu yang harus diikuti dalam kebenaran dengan teguh tanpa menyimpang. Untuk mengerti jalan Tuhan pemazmur harus mengakui dosa-dosanya agar tidak menjadi penghalang untuk mengerti jalan Tuhan.

Itulah yang pemazmur lakukan sehingga Tuhan menunjukkan jalanNya dan membimbing dan mengajar sehingga pemazmur dapat menyelami jalan Tuhan.

Kita juga dapat belajar kepada pemazmur, dengan percaya sepenuhnya kepada Tuhan Allah yang dapat menyelamatkan/menolong kita dari setiap persoalan dan kesulitan hidup.dan dengan memohon kepada Tuhan agar Tuhan menunjukkan jalanNya kepada kita sehingga kita dapat mengerti dan memahami jalan Tuhan. Terkadang jalan Tuhan itu berliku, naik, turun,terjal, lurus, bergelombang dan rata. Dalam segala medan kita harus yakin bahwa Tuhan itu baik dan benar ( ayat 8 ) yang akan membimbing kita dengan kasihNya (ayat 9,10) dan pasti Tuhan membawa kita ke jalanNya yang benar. Untuk itu kita harus rela belajar FirmanNya setiap hari agar kita dapat mengerti  jalanNya, sehingga kita mampu dan sanggup menghadapi semua persoalan dan kesulitan hidup. Amin.

“Dengan percaya dan belajar FirmanNya kita dapat mengenal jalan Tuhan,sehingga kita mampu menghadapi setiap persoalan dan kesulitan hidup”.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»