suplemenGKI.com

Rabu, 6 Oktober 2010

05/10/2010

Mazmur 111 : 1 – 10

MENGAPA KITA BERSYUKUR.

Biasanya orang mengucap syukur kepada Tuhan karena Tuhan telah memberi pertolongan, kesembuhan, memberkati dan lain sebagainya. Hal itu memang sangat dianjurkan dan tidak salah, akan tetapi jika apakah kita mengucap syukur kepada Tuhan itu hanya karena hal-hal yang sudah kita terima saja atau ketika kita diuntungkan saja ? bagaimana jika kita sedang mengalami sesuatu yang buruk ? dapatkah kita mengucap syukur kepada Tuhan ? melalui Mazmur 111 ini kita sedang diajak untuk mengucap syukur kepada Tuhan.

Pertanyaan pendalaman.

  1. Bagaimana seharusnya kita mengucap syukur ? (ayat 1)

Renungan.

Jika kita renungkan dalam-dalam, bahwa segala sesuatu yang kita kerjakan Tuhan pasti andil didalamnya. Hidup kita tidak pernah lepas dari campur tangan Tuhan. Dengan demikian sebenarnya kita sedang diajar untuk menyadari bahwa dalam kehidupan ini kita harus membuka mata terhadap segala karya Tuhan. Sesungguhnya kita tidak bisa berbuat apa-apa tanpa Tuhan. Oleh sebab itu pemazmur mengajar kita untuk selalu mengucap syukur kepada Tuhan atas apapun yang Tuhan kerjakan dalam kehidupan kita.

Pemazmur mengajar bagaimana seharusnya kita mengucap syukur.

Pertama : mengucap syukur kepada Tuhan dengan segenap hati. (ayat 1)

Pemazmur mengajarkan kepada siapa kita bersyukur ? kita bersyukur kepada TUHAN. Tuhan Allah yang Hidup, Tuhan Allah pencipta dan yang memelihara ciptaannya, yang oleh pemazmur dikenal sebagai YAHWE, Tuhan Allah yang Kudus dan Dahsyat, yang luar biasa dan masih banyak lagi sebutan yang lain. Tuhan Allah yang Dahsyat, Agung itu telah menyatakan kasih, pertolongannya kepada kita sehingga kita harus mengucap syukur kepada Tuhan. Dan dengan apa kita harus mengucap syukur ? Dengan segenap hati. Hati menggambarkan bagian yang tedalam dalam organ tubuh manusia. Jika pemazmur mengucap syukur kepada Tuhan dengan segenap hati hal itu hendak mengungkapkan bahwa Ia sedang mengucap syukur dari hidupnya yang paling dalam dan paling istimewa. Apa yang paling istimewa dan paling dalam dari kehidupan kita ? itulah yang harus kita bawa kepada Tuhan.

Kedua : mengucap syukur dalam lingkungan orang-orang benar dan dalam jemaah. (ayat 1)

Mengapa pemazmur mengajarkan supaya kita mengucap syukur dalam lingkungan orang benar dan dalam jemaah ? jawabannya sederhana, pertama : Di luar lingkungan orang benar tidak ada orang yang mengucap syukur, karena segala sesuatu terjadi dengan kekuatannya sendiri. Kedua : di luar lingkungan orang benar yang ada hanyalah umpatan kesombongan, tidak ada ucapan syukur. Ketiga : kita sedang diajar untuk selalu mengutamakan ibadah di lingkungan orang-orang benar dan ditengah-tengah jemaat. Hal itu sangat penting karena didalamnya kita dapat dikuatkan dan semakin mendekatkan diri kita kepada Tuhan. Sehingga kita semakin mengenal kasih dan kuasaNya serta kebaikanNya. Oleh sebab itu bertekunlah dalam beribadah kepada Tuhan. Amin.

“Dengan mengucap syukur kepada Tuhan dengan segenap hati kita sedang diajar menjalani hidup dengan benar”.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«