suplemenGKI.com

Rabu, 6 Juli 2011.

05/07/2011

Matius 13 : 7, 22.

FIRMAN TUHAN DAN HATI MANUSIA [ bagian 3 ]

Saya dibesarkan ditengah-tengah keluarga petani desa di Malang. Lahan pertanian kami ada dua macam, sawah dan ladang. Ladang pertanian ladang kami cukup luas sehingga setiap kali musim tanam ada dua petak ladang kami terlewati tidak terawat dengan baik, akibatnya tumbuh semak duri dan putri malu dengan lebatnya. Benih yang ditabur/ditanam di petak tersebut memang tumbuh tapi kurus dan tidak bisa berbuah.

Pertanyaan penuntun.

  1. Apakah benih yang jatuh di semak duri bisa tumbuh ? apakah bertumbuh dengan normal ?
  2. Mengapa semak duri juga tumbuh ditempat itu ? mengapa pula tumbuhnya lebih subur dari tanaman/benih dari penabur ?
  3. Pelajaran apa yang dapat kita peroleh dari perumpamaan ini ?

RENUNGAN.

Semak duri memang bisa tumbuh dimana-mana, terutama dilahan pertanian ladang. Ketika para petani mulai musim tanam ladangnya sudah diolah sedemikian rupa agar benih yang akan ditabur kelak dapat tumbuh subur. Begitu pula ketika benih mulai tumbuh agak sedikit besar [usia 3-4 minggu ] para petani akan mencabuti rumput yang juga tumbuh disekitar tanaman [ matun ]. Hal itu dilakukan agar benih dapat tumbuh dengan normal, subur dan dapat berbuah secara maximal. Namun adapula peristiwa dimana rumput-rumput liar sudah dibersihkan akan tetapi tumbuh lagi dengan lebat dan bahkan tumbuh semak duri dimana-mana sehingga benih yang sudah tumbuh tidak bisa tumbuh  dengan sempurna bahkan semak durinya  lebih subur dari tanaman utama yang ditabur petani. Jika tanaman seperti itu maka hanya ada 2 [dua] kemungkinan, pertama tanaman akan mati, kedua tanaman tetap hidup tapi tidak menghasilkan buah.

Hati manusia juga digambarkan seperti tanah yang penuh dengan semak duri. Setiap Firman Tuhan yang ditabur bisa saja tumbuh bahkan berakar dihati yang penuh semak duri, namun Firman Tuhan tidak akan bisa bertumbuh dengan normal dan baik. Mengapa demikian ? karena sebagian besar pupuk yang seharusnya menyuburkan tanah untuk makanan tumbuhan utama di makan oleh semak duri, sehingga tanaman utama tidak bisa tumbuh dengan normal. Semak duri yang dimaksud adalah segala macam kepahitan, luka batin dan segala macam kesusahan yang kita alami. Banyak orang Kristen yang memiliki model/tipe seperti tanah yang penuh dengan semak duri. Mereka rajin ke gereja dan dapat mendengar Firman Tuhan dengan baik namun karena begitu banyak mengalami kepahitan, luka batin dan kesusahan maka Firman Tuhan tidak bisa bertumbuh dengan normal. Kepahitan dan luka batin terjadi karena adanya konflik yang mendalam yang menyebabkan seseorang trauma/luka batin terhadap suatu peristiwa dan itu sangat membekas dalam diri seseorang. Akibatnya ada perasaan sakit hati, dendam dan periaku yang negative. Jika hal itu dibiarkan maka akan menghambat pertumbuhan rohani/iman seseorang. Dalam pengertian seperti itulah Firman Tuhan yang jatuh disemak duri kita pahami, sehingga tidak bisa bertumbuh.

Orang Kristen bisa saja seperti, hatinya bagaikan tanah yang ditumbuhi semak duri. Setiap orang yang memiiki banyak persoalan hidup, yang juga sedang mengalami luka batin karena disakiti suami atau istri atau orang tua atau orang lain dan hal itu masih disimpan dalam hati maka Firman Tuhan yang didengarnya tidak akan bisa tumbuh dengan baik karena di dalam hatinya masih banyak duri-duri kepahitan yang meracuni setiap Firman yang di tabur di hatinya. Selama luka batin dan kepahitan tetap tersimpan di hati maka Firman Tuhan tidak akan bisa bertumbuh.  Yang perlu dilakukan oleh orang Kristen tipe ini adalah pemulihan semua luka batin yang dialami, dengan mengampuni setiap orang yang  pernah melukai hati kita. Memang hal itu tidak mudah dan menyakitkan, akan tetapi jika semua kepahitan dan luka batin itu sudah kita lepaskan maka semak duri yang ada di hati kita akan tercabut dan tidak akan tumbuh lagi, agar Firman Tuhan bisa tertanam dan bertumbuh dengan normal. Bagaimanakah dengan hati anda ?

‘Luka batin dapat menjadi duri yang mematikan pertumbuhan Firman Tuhan di hati kita’

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«