suplemenGKI.com

Rabu, 6 Januari 2016

05/01/2016

KESEDIAAN MENERIMA DAN MEMBERITAKAN INJIL

Kisah Para Rasul 8 : 14 – 17

 

Pengantar
Banyak orang yang mengetahui tentang TUHAN YESUS melalui berbagai cara dan kesempatan, baik sengaja maupun secara tidak sengaja. Namun mengetahui tentang TUHAN YESUS saja tidaklah cukup. Kesediaan untuk menerima TUHAN YESUS sebagai Juruselamat kehidupannya adalah yang terutama, dan juga hidup dalam kebersamaan sesama pengikut TUHAN YESUS. Dan selanjutnya harus disertai panggilan hidup untuk memberitakan atau menghadirkan Injil Kerajaan ALLAH bagi  banyak orang dan tempat. Maka mari kita melihat apa yang diungkapkan dalam Kisah Para Rasul 8: 14 – 17, tentang sikap para Rasul di Yerusalem menangggapi apa yang terjadi di Samaria.

 

Pemahaman
Hal apa yang terjadi di Samaria? (ayat 14), dan apa yang dilakukan oleh Petrus dan Yohanes berkaitan dengan kabar dan situasi yang terjadi di Samaria? (ayat 15 – 17)

Dalam ayat-ayat sebelum bacaan kita hari ini, diceritakan bahwa di Samaria banyak orang yang menerima pemberitaan Filipus tentang Injil Kerajaan ALLAH dan tentang nama TUHAN YESUS Kristus, serta memberi diri mereka untuk dibaptis, baik laki-laki maupun perempuan. Kenyataan ini kemudian diungkapkan dalam ayat 14 lewat pernyataan “di tanah Samaria telah menerima firman ALLAH”.

Berkaitan dengan kabar dan situasi yang terjadi di Samaria tersebut, maka para rasul di Yerusalem mengutus Petrus dan Yohanes ke Samaria supaya orang-orang di sana beroleh Roh Kudus. Setibanya di Samaria, Petrus dan Yohanes berdoa dan menumpangkan tangan di atas mereka lalu mereka menerima Roh Kudus (ayat 15 – 17).

Peristiwa ini menandai karya pekabaran Injil bagi segala bangsa, yang di mulai dari Yerusalem dan seluruh Yudea, kemudian ke Samaria, dan sampai ke ujung bumi. Bahwa segala bangsa akan menjadi murid TUHAN dan menerima Roh Kudus yang membimbing dan memimpin hidup mereka.

Refleksi
Marilah kita mengambil waktu hening sejenak dan merenungkan: Seberapa luas kita menerima keberadaan orang lain untuk menjadi murid Kristus, dan seberapa luas kita memberitakan Injil Kerajaan ALLAH dan nama TUHAN YESUS?

Tekad
Ya ALLAH, jadikan aku pribadi yang terbuka bagi setiap orang yang menerima dan percaya kepada TUHAN YESUS Kristus serta hidup mengembangkan Injil Kerajaan ALLAH.

Tindakanku
Mulai hari ini saya akan berusaha untuk mempersaksikan Injil Kerajaan ALLAH melalui segenap kehidupan dan panggilan hidup dalam pimpinan Roh Kudus.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«