suplemenGKI.com

Bacaan : Mazmur 99 : 1 - 9

 

TUHAN, RAJA YANG KUDUS

Pengantar
Seorang penafsir menyatakan Mazmur pasal 99 merupakan pasal terakhir dari ”Mazmur Kerajaan.”  Penafsir tersebut menyebut sebagai Mazmur Kerajaan oleh karena pada bagian ini Tuhan disebut sebagai Raja di atas segala raja. Di pasal 99 dari Mazmur ini ada 2 ayat yang bunyinya hampir mirip, yaitu ayat 5 dan ayat 9.  Kemiripan ini membuat pembagian bagian ini menjadi 2 bagian.

Pendalaman
Ayat 1-5 menyatakan TUHAN adalah
Raja dari segala bangsa di dunia, tetapi secara khusus atas umat Israel. TUHAN di bagian ini digambarkan sebagai seorang Raja yang tahta-Nya berada di atas kerubim-kerubim. Kerubim bukanlah manusia, mereka adalah makhluk bersayap yang diciptakan TUHAN untuk melayani-Nya.  Jika insan melihat TUHAN sebagai Raja yang sebenarnya, maka sebagai akibatnya  bumi gemetar bahkan bumi pun bergoyang!

                Dalam bagaian kedua (ayat 6-9), kebesaran TUHAN dinyatakan melalui para hamba-Nya: Musa, Harun, dan Samuel, yaitu ketika TUHAN menjawab doa-doa yang mereka serukan.  TUHAN dipuji dan ditinggikan karena ia mendengar doa hamba-hamba-Nya, khususnya pada saat umat TUHAN melakukan pelanggaran terhadap hukum-hukum-Nya

                Ayat 8 ini mungkin bagian yang terpenting dari pasal 99 ini. Kemuliaan TUHAN yang demikian dahsyat menuntut bukan hanya sikap ”sujud & menyembah kepada tumpuan kaki-Nya”, melainkan juga kekudusan hidup kita. Dan jika kita bermasalah dalam kehidupan rohani kita (baca: tidak kudus), maka kita wajib datang kepada-Nya untuk memohon ampun.  Untuk kita yang hidup di masa anugerah ini kita bisa memohon ampun di dalam nama Yesus Kristus, seperti yang tertulis di dalam 1 Yohanes 1:9. ”Jika kita mengaku dosa kita, maka Ia adalah setia dan adil, sehingga Ia akan mengampuni segala dosa kita dan menyucikan kita dari segala kejahatan.”
Refleksi
Tuhan itu Raja kita, hendaklah kita sujud menyembahNya.

Tekadku
Saya bertekad dapat untuk memuji dan membesarkan nama Tuhan Sang Raja hidupku, baik melalui tutur kata maupun perbuatan.

Tindakanku
Aku akan mengajak-orang-orang yang dekat dengan aku untuk turut memuliakan nama Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*