suplemenGKI.com

MAZMUR 105:1-11

“LIHAT KE BELAKANG DAN KE DEPAN: IA TETAP SAMA!”

PENGANTAR

Mazmur 105 ini ditulis untuk Israel sesudah pembuangan. Saat itu umat ada dalam pergumulan mempertanyakan janji Tuhan di masa lampau. Pemazmur mengajak umat untuk tetap percaya.

PEMAHAMAN

  1. Ayat 1-5: Apa saja ajakan pemazmur yang bisa Anda temukan di ayat-ayat ini?
  2. Dari ayat 1-11, temukan apa saja alasan pemazmur mengajak kita melakukan hal-hal tersebut?
  3. Apakah Anda juga mempunyai alasan yang tepat untuk memuji/bersyukur dan mencari Allah? Alasan-alasan apa yang seringkali mendominasi ucapan syukur Anda dan menggerakkan Anda untuk mencari Allah dengan sungguh-sungguh?

Dalam masa penantian untuk menempati tanah Kanaan setelah pulang dari negeri pembuangan, pemazmur mengajak umat merenungkan perbuatan-perbuatan ajaib Tuhan di masa lampau, baik yang mereka alami sendiri maupun yang dialami oleh nenek moyang. Dengan merenungkan kembali, pemazmur mendapat kekuatan iman bahwa Tuhan pasti tidak akan lupa dengan janjiNya. Dalam perenungan akan perbuatan-perbuatan Tuhan di masa lampau, pemazmur mengajak umat Tuhan untuk bersyukur, bernyanyi, bermegah dalam namaNya dan juga mencari Tuhan. Segala perbuatan Tuhan di masa lampau adalah bukti dan jaminan bahwa Ia adalah Allah yang berkuasa dan dapat diandalkan. Sehingga walaupun mereka harus melewati sejarah hidup yang panjang untuk menikmati tanah perjanjian Kanaan (ay.8-11), mereka percaya bahwa janji itu akan Allah genapi. Ucapan syukur pemazmur sanggup bertahan karena tidak didasarkan pada kenyataan hidup yang ia alami, melainkan pada sifat-sifat Allah yang kekal, baik dan setia adanya. Dan keyakinan itu diteguhkan dengan banyaknya bukti kehebatan kuasa dan kesetiaan Allah pada nenek moyang mereka.

Dari pemazmur kita belajar untuk mengingat-ingat pekerjaan tangan Tuhan dalam sejarah hidup kita. Sebab setiap perenungan pada akhirnya mendatangkan kekuatan iman yang baru dan semakin teguh untuk menjalani hidup yang sekarang dan yang akan datang.

REFLEKSI

Apakah Anda juga bisa meresponi dengan tepat semua perbuatan-perbuatan Allah dalam hidup Anda? Apa yang terjadi pada hubungan Anda dengan Tuhan ketika Anda dalam kesulitan hidup? Apakah pengalaman demi pengalaman dengan pertolongan Tuhan di waktu yang lalu dapat membuat Anda tetap percaya penuh pada kuasa dan kasihNya juga tersedia bagi Anda saat ini?

TEKADKU

Tuhan yang baik, seringkali ketika kesulitan hidup datang, hubunganku denganMu menjadi terganggu. Saya sulit mengucap syukur &memujiMu, seakansudah tidak ada hal baik lagi yang Engkau lakukan dalam hidupku. Tolonglah hambamu iniagar tetap memusatkan diri pada kehendak dan rencanaMu, bukan padakeinginan, rancangan dan harapanku sendiri. Dengan demikian akan selalu ada ungkapan syukur yang tulus kepadaMu. Amin

TINDAKANKU

Temukanlah dengan saksama perbuatan-perbuatan Allah dalam hidup Anda 1 minggu terakhir ini, dan responilah dengan tepat melalui puji-pujian, ucapan syukur, dan kebergantungan Anda padaNya. 

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«