suplemenGKI.com

Mazmur 111.

 

Bersyukur Sebagai Ekspresi Iman

 

Pengantar
Mazmur ini dibuka dengan ajakan untuk memuji Tuhan sebagai ekspresi iman, “Haleluya”!  Sebuah mazmur yang termasuk dalam klasifikasi lagu pujian bagi Allah yang telah menyelamatkan bangsa Israel dari tanah Mesir. Dalam bahasa aslinya, yakni bahasa Ibrani, mazmur ini termasuk puisi akrostik yang terdiri dari 22 baris.  Setiap baris dimulai dengan abjad dalam bahasa Ibrani, mulai dari abjad pertama terus berurutan hingga abjad yang ke-22, sehingga mudah dihafal.

Pemahaman

Ayat 1

:

Dengan apa dan di mana pemazmur ingin menaikkan lagu pujiannya?
Ayat 2-4

:

Mengapa pemazmur ingin menaikkan pujian kepada Tuhan? Dengan ungkapan apa pemazmur menyebut Tuhan (ayat 4b)?
Ayat 5-9

:

Kepada siapa Tuhan memberikan rezeki (makanan)? Dengan cara apa Tuhan menunjukkan kuasaNya? Apa yang menjadi kekhasan perbuatanNya?
Ayat 10

:

Sandingkan Ayat 5 dan Ayat 10. Apa yang Sdr bisa simpulkan dari kedua ayat ini terkait dengan semua ayat dalam Mazmur 111?

Bangsa Israel memiliki pengalaman diselamatkan oleh Tangan Tuhan Yang Kuat dan menjadikan pengalaman ini sebagai sebuah pelajaran dan sekaligus ungkapan syukur yang dipelihara turun temurun. Melanjutkan tradisi ini, pemazmur menaikkan pujian dengan segenap hati (sebagai ekspresi imannya) di tengah himpunan umat percaya. Perbuatan-perbuatanNya yang agung dan ajaib diungkapkan. Pada puncaknya dikatakan oleh pemazmur, bahwa Tuhan itu pengasih dan penyayang. Kebenaran, keadilan, dan kejujuran merupakan kekhasan perbuatan Tuhan.

Ayat 5 berisi ungkapan iman, bahwa Tuhan memberikan rezeki (makanan) kepada orang yang takut akan Dia. Ayat 10 menjelaskan bahwa takut akan Tuhan adalah permulaan hikmat. Semua orang yang melakukannya berakal budi yang baik. Orang yang yang berakal budi baik tentu tahu bersyukur dan mampu mengungkapkannya secara tepat sebagai ekspresi imannya, bahwa Tuhan di masa depan juga akan memeliharanya seperti di masa lalu.

Refleksi
Sudahkah aku mampu untuk senantiasa bersyukur dan memuji kebesaran Tuhan sebagai ungkapan iman percayaku kepadaNya?

Tekadku
Belajar untuk bersyukur dan memuji Tuhan di depan jemaat atas semua pertolonganNya yang pernah kualami sebagai ungkapan imanku kepadaNya.

Tindakanku
Hidup takut (hormat, mengagumi, mengasihi) akan Tuhan dalam iman percaya kepadaNya agar dapat mengalami dan mensyukuri semua karya pertolonganNya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*