suplemenGKI.com

Rabu, 5 Maret 2014

04/03/2014

Bacaan : Kejadian 3 : 8 -12

“Hukuman dan Karunia Allah”

PENGANTAR
Dosa pertama manusia di lakukan atas kemauan manusia itu sendiri. Memang godaan, besar pengaruhnya atas terjadinya dosa tetapi keputusan pada dasarnya ada pada diri manusia itu sendiri (kita). Oleh sebab itu manusia (kitalah) yang bertanggung jawab oleh karena perbuatan itu dilakukan atas kemauan kita sendiri.

PEMAHAMAN

  1. Apakah akibat dari dosa yang dilakukan Adam dan Hawa? Ayat 8-13
  2. Hukuman apa yang dijatuhkan Tuhan? (ay 14,16-20)
  3. Bagaimana Tuhan menunjukkan anugerah Nya kepada Adam dan Hawa? (Ay 15, 21)

Setelah Hawa dan Adam makan buah dari pohon pengetahuan, maka mata mereka terbuka. Ya! Memang mata mereka terbuka dan keduanya tahu pula, tapi terbuka kepada apa? Dan tahu akan apa? Mata mereka terbuka dan tahu bahwa mereka telanjang dan hati mereka telah kehilangan kemurniannya. Mereka mulai menaruh perasaan malu. Semula mereka bergaul terus menerus dengan Allah. Tetapi saat mereka melanggar perintah Allah maka segala kemuliaan itu lenyap. Bukan itu saja batin mereka mengalami perubahan yang menyedihkan. Hatinya yang selama ini dipenuhi oleh kasih, sukacita, dan damai mulai melahirkan rasa takut yang dalam, sehingga ketika Tuhan hadir di situ mereka melarikan diri  dari hadirat Allah dan menyembunyikan diri daripadaNya.

Ketika Tuhan Allah menanyai Adam untuk membangunkan kesadaran dan kesalahannya, tetapi Adam berdalih dan melemparkan kesalahan kepada orang lain (Hawa) begitu juga ketika Tuhan bertanya kepada Hawa, ia juga melempar kesalahan kepada ular. Dari situ sudah dapat dipastikan bahwa Adam dan Hawa telah berdosa kepada Tuhan. Hukuman segera dijatuhkan Tuhan, kepada Ular sebagai binatang yang terkutuk (14), Perempuan (Hawa) dihukum dengan susah payah waktu mengandung, kesakitan waktu melahirkan, suaminya berkuasa atasnya (16,17).

Adam juga tidak luput dari hukuman, yaitu dengan bersusah payah mencari rezeki, dengan berpeluh mencari makanannya (18,19) bahkan tanah pun juga terkutuk (19) dan yang menjadi puncak hukuman Tuhan mereka di usir dari Taman Eden dan mereka akan mengalami kematian.

Walaupun Tuhan menghukum dosa mereka, namun Tuhan itu penuh kasih karunia. Ia membuat pakaian bagi Adam dan Hawa dan member mereka janji Agung mengenai kedatangan seorang Juruselamat (3:15). Janji yang mulia itu berkembang dan beroleh penggenapannya dalam pribadi Tuhan kita Yesus Kristus.
Untuk itu kita patut bersyukur atas karuniaNya. Amin.

REFLEKSI
Ambilah waktu sejenak untuk merenungkan : sadarilah bahwa akibat dosa adalah hukuman dan keterpisahan dengan Allah sudahkah Saudara menjaga hati, pikiran dan kehendak supaya jangan berdosa?

TEKADKU
Ya Tuhan tolonglah dan bantulah saya agar dapat menjaga hati, pikiran, perasaan, dan kehendak agar saya tidak mudah berdosa.

TINDAKANKU
Mulai hari ini saya bertekad untuk menjaga hati dan perbuatanku seturut Firman Tuhan agar aku berjalan menurut kehendak Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«