suplemenGKI.com

Rabu, 5 Juli 2017

04/07/2017

KUASA DOSA TELAH BINASA

Roma 7 : 15 – 25

Pengantar
Dalam Alkitab kita menemukan beberapa ayat yang secara tegas dan jelas berbicara tentang pengertian dosa, antara lain: dosa ialah pelanggaran hukum ALLAH (1 Yohanes 3:4b), semua kejahatan adalah dosa (1 Yohanes 5:17a), Dan segala sesuatu yang tidak berasal dari iman adalah dosa (Roma 14:23b),  Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa (Yakobus 4:17). Tapi sekalipun kita mengetahui dan hafal ayat-ayat mengenai pengertian dosa, apakah kita otomatis tidak bisa atau tidak mau hidup dalam dosa? Ternyata tidak demikian adanya. Ada banyak orang yang mengetahui, memahami, dan juga hafal ayat-ayat tersebut, bahkan mengajarkannya tetapi tetap tertawan oleh kuasa dosa. Jadi mari kita memperhatikan surat Roma 7 : 15 – 25 untuk makin menghayati hidup yang lepas dari hukum dosa.

Pemahaman

Ayat  15 – 20  :  Bagaimana dosa bekerja dalam hidup manusia?

Ayat  21 – 25  :  Bagaimana manusia bisa lepas dari hukum dosa?

Dosa membuat manusia tidak melakukan apa yang ia kehendaki, yaitu yang baik, tapi justru sebaliknya. Jadi manusia yang dikuasai dosa akan melakukan apa yang ia benci, yaitu yang jahat dan bukan apa yang ia kehendaki (yang baik). Bahkan itu dapat terjadi di luar pengetahuan atau kesadaran manusia, sehingga jika manusia berbuat yang jahat maka sesungguhnya kuasa dosalah yang melakukannya.

Ini membuat adanya rumusan hukum dosa, yang berbunyi: jika aku menghendaki berbuat apa yang baik, yang jahat itu ada padaku. Batin dan akal budi sebagai hal yang baik ditawan oleh tubuh maut yang jahat, karena selalu dikuasai (ditawan) oleh hukum dosa.

Cara manusia lepas dari hukum dosa dan tubuh maut adalah melalui karya ALLAH di dalam TUHAN YESUS Kristus. Atau dalam pernyataan yang lebih khusus, yaitu: oleh YESUS Kristus, TUHAN kita. Artinya, jika kita percaya dan menjadikan TUHAN YESUS sebagai Tuhan atas hidup kita, maka kita akan terlepas dari hukum dosa dan tubuh maut. Sesungguhnya ketika kita percaya kepada TUHAN YESUS maka hidup kita dikuasai dan dipimpin oleh Roh Kudus, bukan lagi oleh kuasa daging. Kuasa dosa telah binasa.

Refleksi
Marilah kita mengambil waktu hening sejenak dan merenungkan:

  • Apakah kita masih hidup dalam kuasa atau hukum dosa?
  • Apakah kita sungguh percaya kepada TUHAN YESUS dan bersedia hidup dalam pimpinan Roh Kudus?

Tekad
Ya ALLAH, buatlah aku percaya sungguh akan karya keselamatan di dalam TUHAN YESUS Kristus hingga hidup dalam pimpinan Roh Kudus.

 

Tindakanku
Mulai hari ini, aku akan makin menyediakan diri untuk dipimpin Roh Kudus melalui kehidupan doa dan pembacaan Firman TUHAN secara teratur.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*