suplemenGKI.com

SALING MENJAGA IMAN SAMPAI AKHIR JAMAN

Filipi 1 : 3 – 11

Pengantar
Hubungan antar orang beriman harusnya tetap terjaga dengan baik. Penggambaran jemaat sebagai tubuh Kristus sungguh menolong untuk menghayati dan mewujudkannya, saling memperhatikan dan turut merasakan pengalaman hidup satu dengan yang lain, suka maupun duka, serta saling mendukung dan melengkapi. Tidak saja di antara sesama anggota jemaat Kristus tapi juga bersama dengan para pemimpin jemaat yang TUHAN hadirkan untuk menggembalakan umat-NYA. Rasul Paulus sungguh merasakan dukungan dari Jemaat Filipi demikian pula ia bersyukur atas kehidupan iman mereka dan terus mendoakan mereka. Untuk lebih jelasnya mari kita memperhatikan apa yang tertulis dalam surat Filipi 1 : 3 – 11  dan menjadikannya pedoman serta teladan dalam hidup beriman.

Pemahaman
Ayat  3 – 8           :  Apa yang rasul Paulus syukuri dari kehidupan Jemaat TUHAN di Filipi?
Ayat  9 – 11         :  Apa yang rasul Paulus doakan bagi Jemaat TUHAN di Filipi?

Rasul Paulus mengucap syukur kepada Allah karena adanya persekutuan Jemaat TUHAN di Filipi dalam Berita Injil yang terus terpelihara. Rasul Paulus yakin sepenuhnya, bahwa TUHAN yang memulai pekerjaan yang baik di antara mereka akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus. Rasul Paulus juga menyatakan bahwa mereka ada di dalam hatinya dan dalam kasih mesra Kritus, ia merindukan mereka.

Rasul Paulus berdoa agar kasih Jemaat Filipi makin melimpah dalam pengetahuan yang benar dan dalam segala macam pengertian, sehingga mereka dapat memilih apa yang baik, supaya mereka suci dan tak bercacat menjelang hari Kristus, penuh dengan buah kebenaran yang dikerjakan oleh TUHAN YESUS Kristus untuk memuliakan dan memuji Allah.

Sesungguhnya, begitulah yang harus terus hidup dalam relasi jemaat (tubuh Kristus), saling mengingat, saling mendukung, saling mendoakan, serta bersyukur atas hal baik yang terjadi sebagai anugerah TUHAN. Kita dipanggil untuk saling menjaga kehidupan iman sampai akhir jaman.

Refleksi
Marilah kita mengambil waktu hening sejenak dan merenungkan:

  • Apakah kita telah merasakan persekutuan hidup yang indah dalam berjemaat?
  • Apakah kita rindu dan telah mendoakan kehidupan sesama orang beriman?

Tekad
Ya ALLAH, ajarlah aku untuk bersyukur atas persekutuan jemaat TUHAN yang kualami, dan mendoakan kehidupan sesama orang beriman.

Tindakanku
Mulai hari ini, aku akan berusaha menjadi anggota jemaat TUHAN yang penuh perhatian dan berusaha mewujudkan hal yang indah dalam kehidupan bersama sebagai perwujudan Berita Injil yang terpelihara.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«