suplemenGKI.com

Amsal 16:21-33

SIKAP HIDUP ORANG BERHIKMAT

 

Pengantar
Sebagai orang-orang yang telah ditebus kita dituntut untuk memiliki hikmat agar dapat hidup dalam kebenaran dan keadilan. Mengapa hikmat menjadi sangat penting ? Seperti apa kehebatan orang-orang yang memiliki hkmat itu ? I Raja-raja 3:1-28 merupakan bagian Alkitab yang tidak asing lagi oleh karena bagian itu mencatatkan seorang raja yang terkenal sangat berhikmat. Dia adalah Salomo. Salomo telah memperlihatkan bahwa hikmat dari Allah penting untuk dimiliki setiap orang agar dapat berkata dan bertindak benar dan adil.

Pemahaman

Ayat 21 – 33         Mengapa memiliki hikmat dan pengertian jauh lebih berharga ketimbang apapun yang ada didunia ? Bagaimanakah sikap hidup orang berhikmat dan memiliki pengertian ?

Amsal merupakan kitab dalam Perjanjian Lama yang berisi berbagai nasihat praktis bagaimana umat Allah harus menjalani kehidupannya sebagai umat yang bertanggungjawab. Amsal menekankan pentingnya memiliki hikmat dan pengertian. Hikmat dan pengertian sangat berharga oleh karena menuntun setiap orang dalam kebenaran dan keadilan. Tidak ada artinya memiliki segalanya namun hidup dalam dosa. Tidak ada gunanya memiliki kekuasaan tetapi tidak memiliki hikmat dan pengertian. Semuanya akan menjadi sia-sia.

Amsal menyampaikan nasihat penting bahwa hikmat dan pengertian dari Allah dapat membawa setiap orang hidup dalam kebenaran dan keadilan. Orang yang berhikmat pasti akan menjauhkan diri dari kejahatan. Selalu berhati-hati dengan ucapannya, tidak bersikap manipulatif, tidak memfitnah, tidak melakukan kekerasan. Seorang yang berhikmat tercermin dari sikapnya yang selalu sabar dan selalu mampu menguasai dirinya dengan baik. Serta selalu menempatkan Allah sebagai sumber segala sesuatu.

Amsal menyampaikan nasihat penting kepada umat Allah masa kini bahwa hikmat dan pengertian dari Allah perlu dimiliki setiap orang yang telah ditebus dan diselamatkan. Saat ini kondisi dunia semakin tidak menentu. Banyak orang bersikap seenaknya, senang melakukan kekerasan, senang memfitnah orang, suka menipu dan sembarangan dalam bertutur kata. Apabila sikap-sikap yang demikian ada dalam lingkungan persekutuan, maka akan rusaklah persekutuan. Apabila itu terjadi dalam keluarga maka rusaklah keluarga itu. Apabila hal itu terjadi dalam masyarakat maka rusaklah masyarakatnya.

Refleksi
Dengan hikmat dan pengertian Salomo mampu menjadi pemimpin bagi bagi bangsa Israel. Ada banyak perkara dapat diputuskannya. Sama halnya dengan Salomo, apabila kita juga memiliki hikmat dan pengertian maka ada banyak hal baik yang dapat kita kerjakan. Apabila kita memiliki hikmat dan pengertian kebenaran dan keadilan akan selalu dapat kita wujudkan. Tentulah hidup kita bisa menjadi hormat dan kemuliaan bagi Allah.

Tekadku
Ya Allah karuniakan kami hikmat dan pengertian agar kami selalu dapat menjalani kehidupan kami seturut dengan kehendak-MU.

Tindakanku
Selalu berdoa memohon pertolongan dari Allah ketika bekerja, belajar dan dalam banyak kegiatan lainnya. Tidak membiarkan diri melangkah secara terburu buru mengikuti keinginan, namun tekun berdoa meminta petunjuk dari Allah

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«