suplemenGKI.com

Rabu, 4 Maret 2015

03/03/2015

Mazmur 19

 

Jagad Raya Menceriterakan Kemuliaan Allah – Tauratnya Yang Sempurna Menyegarkan Jiwa

 

Pengantar
Secara universal Allah menyatakan siapa diriNya melalui jagad raya ciptaanNya. Pemazmur mengungkapkan hal tersebut dengan untaian kata yang sangat indah dalam Mazmur 19:1-7. Setiap benda angkasa dibuatNya bergerak melalui lintasan yang telah ditentukanNya dari semula. Semuanya dirancangNya secara seksama dengan hukum alam yang menjamin keteraturan dan keberlanjutan. Mulai Ayat 8, Pemazmur kemudian mengajak kita beralih dari jagad raya ciptaan Tuhan kepada Taurat Tuhan yang sempurna dan menyegarkan jiwa. Alam memang bisa mengungkapkan kebesaran Allah, Sang Pencipta. Namun diperlukan manusia untuk memberitakan jalan menuju kepada Allah Sang Pencipta, berupa berbagai ketetapan dan hukum yang mengatur relasi antara manusia dengan Allahnya dan sesamanya.

Pemahaman
- Ayat 1-7 Ketika kita memperhatikan jagad raya ciptaan Allah, kita akan dibawa kepada kesadaran akan keberadaan Allah dan kekaguman yang luar biasa akan Allah, Sang Pencipta alam semesta. Bahkan dikatakan oleh Pemazmur sekalipun tak ada “kata” namun gema mereka terpencar ke seluruh dunia.

- Ayat 8-15  Setara dengan itu, Taurat Tuhan dikatakan oleh Pemazmur sebagai sempurna dan menyegarkan jiwa. Bersama alam raya yang memberitakan kemuliaan Allah, kita perlu bersaksi seperti Pemazmur tentang bagaimana Hukum-hukumNya itu berharga dan barangsiapa berpegang kepada perintah-perintahNya akan mendapat upah yang besar.

Refleksi
Sebagai manusia modern yang sangat sibuk apakah masih ada getaran-getaran kekaguman dalam hati sanubariku tatkala melihat alam ciptaan Tuhan yang membawaku lebih dekat kepadaNya?

Tekad
Aku ingin menikmati keindahan alam semesta seraya memuji kebesaran Allah, Sang Pencipta.

Tindakan
Menaati hukum-hukum Tuhan, yang semuanya benar dan adil dalam takut akan Dia, membuat jiwaku selalu disegarkan olehNya. Bersaksi tentang kebenaran hukum-hukum itu akan menjadi sangat kuat ketika itu merupakan pengalaman hidupku.

 

=====================================================================================

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*