suplemenGKI.com

Rabu, 31 Juli 2013.

30/07/2013

Mazmur 49:2-5.

 

Keutamaan hikmat dan pengertian.

 

Pengantar:
Hidup ini berada dalam berbagai pilihan, di antara pilihan-pilihan itu ada yang sifatnya materi/kebendaan, kepopuleran/nama baik, kedudukan dan lainnya. Semua baik, karena tujuannya adalah untuk mencapai kebahagiaan, baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain di sekitarnya. Maka ketika seseorang ingin menentukan pilihannya ia harus benar-benar menggumuli dan mempertimbangkan dengan matang agar pilihannya tidak keliru. Ketika pilihannya keliru itu akan mempengaruhi tujuannya. Untuk mengantisipasi kekeliruan pilihan itu maka pemazmur menyerukan sesuatu yang utama dalam hidup ini.

Pemahaman:

  1. Apa makna seruan pemazmur yang bersifat umum dan terbuka di ayat 2-3?
  2. Apa makna ungkapan pemazmur “Mulutku akan mengucapkan hikmat dan yang direnungkan hatiku ialah pengertian” di ayat. 4?
  3. Apa yang hendak ditekankan pemazmur dalam bahasa kiasan di ayat. 5!

 Mazmur 49 ini adalah merupakan pelajaran moral yang dipersiapkan untuk semua orang, dan berifat universal. Di seluruh bagian Mazmur ini terkandung maksud mendidik sesuai dengan maksud para penulis hikmat pada jaman itu. Istilah yang sering dipakai adalah istilah: Hikmat, Pengertian, Amsal dan Peribahasa. Semuanya menunjuk pada betapa hal-hal itu penting tetapi sering dilupakan atau diabaikan banyak orang. Mungkin dalam pengamatan pemazmur, saat itu banyak orang dalam berbagai kalangan menjalani hidup yang penuh teka-teki ini tetapi dengan pilihan dan tujuan yang salah, yaitu lebih memilih hidup dengan tujuan kebendaan/kekayaan dan kepopuleran/nama besar ketimbang memilih hidup dalam hikmat dan pengetahuan dari Tuhan. 

            Ungkapan indah di ayat. 4, menunjukan bahwa hikmat dan pengertian itu adalah hal utama dalam hidup, sehingga harus selalu menjadi menu utama dalam berucap, berkata-kata dan senantiasa menjadi bahan perenungan terpenting di hati sebelum merenungkan, memikirkan hal-hal lain di luar hikmat dan pengertian dari Tuhan. Pemazmur menekankan hikmat dan pengertian itulah yang akan mengantar pada hidup yang lebih berbahagia, bermakna dan terkontrol. Baik dalam relasi dengan diri sendiri, dengan sesama terlebih dengan Tuhan. Pilihan utama yang lain semua akan membawa pada kesia-siaan, tetapi memilih hidup dalam hikmat dan pengertian dari Tuhan akan membawa pada kebahagian.

Refkesi:
Entah apa yang telah menjadi pilihan utama dalam hidup saudara saat ini, tetapi saya mau katakan bahwa semua itu akan membawa pada kesia-siaan, kecuali saudara memilih hikmat dan pengertian dari Tuhan, hidup akan lebih berbahagia, bermakna dan indah.

Tekad:
Tuhan, ajarlah aku untuk senantiasa hidup dalam hikmat dan pengertian dari Engkau, agar hidupku bahagia, bermakna dan indah.

Tindakan:
Mulai hari ini aku mau mengutamakan hidup dalam hikmat dan pengertian dari Tuhan melalui bergaul akrab dengan firman-Nya setiap hari.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«