suplemenGKI.com

EFESUS 3: 1-13

“HIDUP SEBAGAI ORANG YANG SUDAH MENERIMA KASIH KARUNIA”

PENGANTAR

Ketika Paulus menulis surat ini, ia sedang dipenjarakan di Roma. Dalam keadaan demikian, Paulus menyebut dirinya ‘orang yang dipenjarakan karena Kristus’. Paulus berbicara demikian bukan untuk menyalahkan Kristus, melainkan untuk menyaksikan siapa Kristus bagi orang-orang yang belum percaya.

PEMAHAMAN

  1. Ayat 2-6: Apakah rahasia Kristus yang sedang dibicarakan Paulus?
  2. Ayat 7: Perhatikan kesaksian Paulus: Mengapa orang-orang bukan Yahudi dapat diterima Kristus?
  3. Mengapa orang seperti Paulus bisa diterima Kristus? (bacalah lagi ayat 7)
  4. Ayat 12: Apa yang akan Anda lakukan setelah Anda diingatkan tentang penerimaan Kristus terhadap orang-orang yang demikian? Apakah yang membuat gereja kadang terjebak dalam eksklusifisme kaum beriman?
  5. Ayat 13: Apakah pesan Paulus bila kita menghadapi tantangan dalam memberitakan Injil?

Penjara tidak menjadi halangan bagi Paulus untuk berbicara tentang Kristus. Bahkan kali ini Paulus menggunakan kesempatan untuk menceritakan kebenaran bahwa Allah bukan hanya memanggil orang-orang Yahudi saja untuk percaya, melainkan juga orang-orang bukan Yahudi. Semua ini bisa terjadi karena kasih karunia/anugerah Allah semata di dalam kuasa kedaulatanNya. Hal ini juga dialami secara pribadi oleh Paulus yang sudah melakukan banyak kejahatan, namun Tuhan berkenan menjumpainya dan memanggilnya untuk menjadi pelayan Tuhan. Dengan kesaksian Paulus ini dan banyak kesaksian Alkitab di bagian yang lain, kita tahu bahwa dengan anugerahNya, Allah datang dan memanggil orang berdosa untuk percaya kepadaNya.

 

Dari pemaparan Paulus, maka hari ini kita diingatkan akan beberapa hal, yaitu:

  1. Kristus menerima orang berdosa untuk datang kepadaNya, maka kita pun sebagai anak-anak Allah juga harus dapat menerima orang tersebut dan membawanya kepada Kristus. Menjauhi dosanya benar, tetapi bukan menjauhi orangnya, justru menjangkaunya untuk Kristus.
  2. Kita yang jatuh dalam dosa beroleh keberanian untuk menghampiri Allah dengan memohon kasih karunia dan pengampunan, sebab Allah tidak pernah menolak kita;
  3. Melayani Dia adalah respon kita atas kasih karuniaNya, karena itu lakukanlah dengan sungguh-sungguh dan tidak menyerah dalam kesulitan.

REFLEKSI

Renungkanlah selama ini sejauh mana usaha-usaha yang sudah Anda lakukan untuk menjangkau mereka yang dianggap berbeda oleh sebagian besar orang, bahkan gereja mungkin?

TEKADKU

Tuhan, berilah hikmat kepadaku secara pribadi dan gereja untuk terus memaksimalkan upaya penjangkauan dan penerimaan terhadap mereka-mereka yang selama ini belum terlayani dengan baik bahkan mungkin tersisihkan. Amin.

TINDAKANKU

Pikirkan 1 hal yang akan Anda lakukan secara kontinu di tahun 2015 bagi seseorang atau golongan tertentu yang menurut Anda belum terlayani dengan baik oleh gereja kita.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«