suplemenGKI.com

DI GUNUNG SINAI

Keluaran 19:10-25

 

Pengantar
Kamus Besar Bahasa Indonesia memberi pengertian hormat sebagai sikap menghargai dan perbuatan yang menandakan rasa khidmat. Kisah perjalanan bangsa Israel di Gunung Sinai menunjukkan cara mereka untuk menghormati kehadiran Allah. Kisah ini diwarnai dengan perilaku hormat yang ditunjukkan oleh Musa dan juga bangsa Israel.

Pemahaman

  • Ayat 10-13           : Apa maksud perintah Tuhan?
  • Ayat 14-20           : Bagaimana persiapan bangsa Israel dalam menantikan kehadiran Tuhan?
  • Ayat 21-25           : Apa respons Musa dan bangsa Israel terhadap perintah Tuhan?

Penyertaan Tuhan pada bangsa Israel tidak pernah berhenti. Selepas mereka dari tanah Mesir, bangsa Israel menjalankan satu pola hidup yang baru. Mereka tidak hanya beradaptasi tentang kebiasaan atau sistem pemerintahan tetapi mereka juga menjalankan satu ciri khas hidup yang patut untuk diteladani, yaitu menaruh hormat pada Tuhan. Kisah persiapan bangsa Israel menerima kesepuluh firman merupakan cerminan sikap bangsa Israel dalam menaruh hormat pada Tuhan.

Tuhan sungguh-sungguh memahami kesulitan yang dialami Musa untuk memimpin bangsanya. Pada pasal sebelumnya, kita disajikan peristiwa pemilihan kepala bangsa seribu orang, pemimpin seratus orang, pemimpin lima puluh orang, dan pemimpin sepuluh orang, untuk menolong Musa menjalankan dan menata kehidupan bangsa Israel (ps.18). Perjalanan bangsa Israel berhenti di padang gurun Sinai sebab Tuhan akan memberikan kepada mereka sepuluh firman yang akan menjadi pedoman kehidupan bangsa Israel.

Musa menuruti semua yang dikatakan oleh Tuhan. Musa naik ke atas Gunung Sinai dan mendengar perintah Tuhan (ay.10-13). Perintah itu disampaikan kepada bangsa Israel. Musa menaruh hormat atas perintah-perintah itu dan menyampaikannya kepada bangsa Israel. Bangsa Israel juga dengan sepenuh hati menuruti perintah tersebut. Hal ini membuktikan bahwa ketaatan bangsa Israel merupakan bukti bahwa mereka benar-benar menaruh hormat kepada Tuhan. Penyertaan Tuhan dalam perjalanan keluar dari Mesir berdampak positif bagi kepercayaan bangsa Israel pada Tuhan.

Bangsa Israel melakukan segala yang diperintahkan Tuhan. Mereka mempersiapkan diri pada hari yang ketiga sebab tanda kehadiran sudah terlihat, yaitu dalam wujud guruh dan kilat, serta bunyi sangkakala. Momen persiapan diri ini juga merupakan bagian dari ketaatan mereka kepada Tuhan. Persiapan menjadi bagian dari kehidupan rohani bangsa Israel.

Ketika Tuhan hadir di Gunung Sinai, Ia memberikan lagi perintah kepada Musa sebagai penegasan atas kepatuhan bangsa Israel, termasuk juga para imam. Para imam yang selama ini mewakili kehadiran Tuhan bagi bangsa Israel juga menaruh hormat penuh kepada perintah Tuhan. Musa menjamin bahwa seluruh bangsa Israel sungguh-sungguh menaruh hormat dan menaati setiap perintah-Nya. Peristiwa ini merupakan peristiwa yang kudus bagi bangsa Israel. Mereka adalah bangsa pilihan-Nya yang sedang dipersiapkan oleh Tuhan untuk menerima firman-Nya.

Refleksi
Peristiwa di Gunung Sinai memberikan pada kita satu gambaran yang dapat kita teladani, yaitu menaruh hormat kepada setiap perintah Tuhan dengan sungguh-sungguh. Sebagai manusia, terkadang kita tidak selalu mampu menaruh hormat secara penuh kepada setiap Firman-Nya. Terkadang ada hal di dalam kehidupan sehari-hari yang membuat kita tidak lagi menaruh hormat kepada Tuhan. Pada hari ini kita disadarkan bahwa bangsa Israel, yang dalam dinamika imannya mengalami pasang-surut, namun mampu untuk mempersiapkan diri dan menaruh hormat penuh pada Tuhan. Kita yang memiliki iman teguh kepadanya diajak untuk semakin menaruh hormat kepada-Nya dalam setiap perilaku kehidupan kita. 

Tekadku
Tuhan, aku mau menaruh hormat kepada-Mu lewat setiap perilaku hidupku dan ubahlah aku semakin sempurna dalam kata dan perbuatan yang semakin mencerminkan Firman Tuhan. 

Tindakanku
Saya akan mengubah perilaku hidup menjadi lebih baik setiap hari sebagai tanda hormatku kepada Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*