suplemenGKI.com

IMAN BERTAMBAH, KASIH MAKIN KUAT

2 Tesalonika 1:1-4

 

Pengantar
Kita selalu menginginkan hasil yang terbaik dari apa yang sudah kita lakukan atau kerjakan dalam kehidupan kita. Hasil terbaik itu juga pernah diterima oleh jemaat di Tesalonika. Jemaat yang juga menjadi buah pekerjaan Tuhan melalui Paulus ini bertambah imannya dan memiliki kasih yang semakin kuat dalam menghadapi setiap tantangan yang datang. Iman mereka justru bertambah dalam penganiayaan dan penindasan sekaligus kasih seorang kepada yang lain pun semakin kuat. Mengapa kedua hal tersebut bisa terjadi? Marilah kita menelusuri bacaan ini!

Pemahaman 

  • Ayat 1-2     : Mengapa Paulus mengirim surat kepada jemaat di Tesalonika?
  • Ayat 3-4     : Apa yang membuat iman jemaat di Tesalonika dapat bertambah dan kasih kepada sesama dapat semakin kuat?

Surat yang ditulis oleh Paulus, Silwanus, dan Timotius ini adalah surat yang berkaitan dengan situasi jemaat di Tesalonika yang mengalami masalah dan seringkali ditindas karena mengajarkan tentang kebenaran Firman Tuhan (Kis.17:5). Persoalan inilah yang membuat ketabahan mereka diuji. Iman mereka diperkuat saat bertahan dan berjuang menghadapi setiap tantangan yang datang. Juga kasih mereka semakin kuat di antara satu dengan yang lain (1Tes.3:12).

Kekuatan iman dan kasih jemaat Tesalonika malah semakin bertambah dalam kondisi yang sulit. Semakin banyak tantangan atau masalah yang datang menghampiri, kekuatan iman harus semakin bertambah dan bukan melemah. Begitu juga  kasih kepada sesama  harus semakin kuat. Iman dan kasih adalah satu paket kehidupan yang harus diperjuangkan  termasuk dalam situasi yang menekan. Sesungguhnya iman kepada Tuhan dan kasih kepada orang lain diuji kekuatannya pada saat menghadapi kondisi hidup yang sulit. Jemaat Tesalonika telah mengalaminya. Berbagai kesulitan harus mereka hadapi tetapi mereka semakin bertumbuh dalam iman dan kasih. Jemaat Tesalonika telah memberi teladan iman dan kasih yang terus bertumbuh dan bertambah di tengah situasi yang sulit.

Refleksi
Pandanglah sebuah salib! Salib merupakan simbol iman yang semakin bertambah kepada Tuhan (vertikal) dan kasih kepada sesama yang semakin kuat (horisontal). Sekarang pandanglah kehidupan Anda! Dalam segala kesulitan hidup, apakah kehidupan Anda bertumbuh seperti salib: semakin bertumbuh dan bertambah dalam iman dan kasih?

Tekadku
Tuhan, ditengah segala kesulitan hidupku, mampukanlah aku menjalani hidup sebagai orang beriman yang teguh agar imanku terus bertambah serta kasihku makin kuat.

Tindakanku
Di tengah banyaknya persoalan yang kuhadapi, aku akan semakin mendekat kepada Tuhan. Aku juga akan terus berjuang menyatakan sikap peduli dan mengasihi orang lain walaupun masalah juga akan menyita perhatianku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«