suplemenGKI.com

Mazmur 32:1-7

 

Kebahagiaan Orang Yang Mengakui Dosanya Di Hadapan Tuhan

 

Pengantar
Melalui ayat-ayat ini Pemazmur hendak memberikan sebuah pengajaran tentang akibat dosa dan rasa bersalah. Ketika seseorang yang bersalah belum membawanya dalam sebuah pengakuan dan pertobatan di hadapan Tuhan, maka ia akan merasa merana dan mengaduh sepanjang hari, tenaganya serasa habis terserap terik matahari (ayat 3). Sebaliknya ketika ia mengakui dosa-dosanya dan tak lagi menyembunyikan kesalahannya di hadapan Tuhan, maka Tuhan akan mengampuni segala kesalahannya dan pengampunan Tuhan itu akan membuat seseorang berbahagia. Hidupnya tak lagi dibebani oleh rasa bersalah.

Pemahaman

Ayat 3-4               : Apa yang dialami oleh Pemazmur ketika ia masih menyembunyikan dosa dan kesalahannya?

Ayat 5                   : Lalu apa yang dialaminya ketika ia mengakui semua dosa pelanggaran di hadapan  Tuhan?

Ayat 1-2               : Menurut Sdr mengapa orang yang diampuni dosanya oleh Tuhan disebut sebagai orang yang berbahagia? (Baca pula Roma 8:1-2)

Ayat 6-7               : Nasihat apa yang hendak disampaikan oleh Pemazmur melalui kedua ayat ini?

Dalam diri kita dapat muncul rasa bersalah, karena Tuhan telah menaruh hukumNya dalam akal budi kita dan menuliskannya dalam hati kita (Ibrani 8:10b). Ketika kita melanggar standar moral yang Tuhan telah letakkan dalam diri kita, maka akan muncul rasa bersalah dalam pikiran dan hati kita. Rasa bersalah ini dapat menjadi beban dalam kehidupan apabila kita berupaya menyembunyikannya dari hadapan Tuhan. Sebaliknya jika kita mau datang kepadaNya dan mengakui semua dosa dan kesalahan kita, maka Ia yang Maha Pemurah akan menganugerahkan pengampunan. Ibarat seseorang yang baru saja diselamatkan dari kapal yang hampir tenggelam di tengah lautan, ia pun akan diliputi oleh rasa bersyukur dan berbahagia.

Refleksi
Adakah rasa bersalah yang masih menjadi beban dalam diriku? Sudahkah semua dosa pelanggaran kuakui didepanNya dan apakah aku telah memohon pengampunan dariNya?

Tekad
Aku ingin hidupku diliputi rasa bahagia dan dipenuhi oleh luapan rasa syukur karena semua dosa pelanggaranku telah diampuniNya.

Tindakan
Aku tak ingin menyembunyikan dosa pelanggaranku di hadapannya. Semua dosa pelanggaran yang ada hendak aku akui di hadapanNya diiringi doa permohonan pengampunan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«