suplemenGKI.com
Berdoa

Berdoa

Bacaan : Mazmur 85 : 1- 8.

“Pengakuan iman orang yang menderita”

Mazmur ini  berasal dari zaman sesudah pembuangan, dimana nasib “Yakub” atau Israel telah dipulihkan tetapi keadaan belum pulih seperti yang diharapkan. Gagasan-gagasan didalamnya nampak dalam tulisan Yesaya dua [ Deutero-Yesaya ].

Pertanyaan penuntun.

      1.   Apa makna dari pengakuan iman pemazmur bahwa “Tuhan
            telah memulihkan keadaan Yakub? [ayat 1-2]
    
2.   Apakah permohonan pemazmur kepada Tuhan ? [ayat 5-6]
    
3.   Bagaimana pemazmurberkeluh kesah kepada Tuhan ? 
            
[ayat 7-8]
     4. 
Bagaimana kita dapat mengungkapkan iman kita pada saat
           menderita ?

RENUNGAN.

Dalam pergumulan hidup yang berat terkadang kita tidak dapat memahami kehendak Tuhan dengan jelas, bahkan terkadang kita cenderung untuk menyalahkan Tuhan dan Tuhanlah yang kita tuduh sebagai penyebabnya, padahal jika kita jujur kerapkali penderitaan/persoalan yang menimpa kita adalah dampak dari kesalahan kita sendiri,  akan tetapi berbeda dengan pemazmur, dalam pergumulan hidup yang berat justru ia  dapat menyatakan keyakinan imannya kepada Tuhan. Pemazmur mengakui bahwa :

  1. Tuhan telah memimpin umatNya pulang dari pembuangan [ayat 2], Engkau telah berkenan kepada tanahMu, dan telah memulihkan keadaan Yakub. Di sini pemazmur mengakui Tuhan sebagai penyelamat.
  2. Tuhan adalah pengampun [ayat 3]. Tuhan yang penuh Rahmat telah mengampuni kesalahan dan menutupi segala dosa umat, yang seharusnya Tuhan murka tetapi malah memberkati.

Bagaimanapun juga pemazmur adalah manusia yang terbatas yang juga bisa berkeluh kesah kepada Tuhan. Apa yang ia keluhkan.

  1. Ia mengeluh karena kenyataan yang pahit. [ayat 6-7]. Pemazmur menganggap bahwa pengalaman pahit yang menimpanya adalah akibat Tuhan murka, padahal sebenarnya Tuhan sedang memproses pemazmur untuk menjadi semakin murni dan semakin memahami maksud dan rencana Tuhan .

Disamping menyatakan pengakuan imannya pemazmur juga memohon kepada Tuhan, apa permohonannya :

  1. Pemulihan. [ayat 5]. Pemazmur menyadari bahwa pemulihan yang mereka rasakan belum terwujud dengan sempurna sehingga pemazmur memohon kepada Tuhan.
  2. Agar Tuhan memperlihatkan kasih setiaNya [ ayat 8]. Pemazmur menyadari bahwa ia memerlukan kasih setia Tuhan.
  3. Memohon keselamatan [ayat 8b]. pemazmur menyadari bahwa keselamatan sangat diperlukan sehingga ia memohonn kepada oknum yang tepat.

Perjalanan hidup kita sebagai orang percaya memang selalu diwarnai dengan liku-liku yang beragam, jika kita tidak mencerna dengan hati yang bijaksana kita akan mudah menyalahkan Tuhan, akan tetapi jika kita ijinkan Tuhan yang merenda hidup kita maka sekalipun hidup ini kelihatannya pahit namun kita rasakan manis.

 “Ijinkanlah Tuhan yang merenda hidup anda”

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*