suplemenGKI.com

Rabu, 30 Mei 2012

29/05/2012

KEBIJAKSANAAN DALAM MENGATUR KEHIDUPAN

Mazmur 104:19-24

 

Apakah yang Saudara rasakan apabila di pagi hari saat harus berangkat bekerja, hari  gelap, matahari tak bersinar? Tentu bingung dan kuatir. Mungkin saudara bertanya-tanya: mengapa matahari tak terbit? Alangkah menggelisahkan bila di pagi hari saat banyak orang siap berangkat kerja atau berangkat sekolah namun matahari belum bangun.  Pernahkah Saudara mengalaminya?   Bagaimanakah kita dapat memastikan bahwa setiap hari  matahari akan terbit?  Mari kita masuk dalam perenungan bacaan hari ini.

 

Pendalaman Teks Alkitab

  • Siapakah yang mengatur putaran waktu dan peristiwa di alam ini?
  • Bagaimanakah peran ALLAH dalam mengatur ritme kehidupan di alam ini?
  • Apakah kesimpulan Saudara terhadap karya ALLAH dalam segala peristiwa yang terjadi di dalam kehidupan ini?
  • Apakah yang Akan Saudara lakukan untuk meneladani  sikap ALLAH terhadap seluruh ciptaan?

 

Renungan

Ada banyak orang yang tak menyadari bahwa di balik ritme kehidupan yang rutin kita alami ada ALLAH yang bekerja. Sadarkah saudara siapakah yang menerbitkan matahari? Siapakah yang mengatur pagi, siang dan malam?

Pemazmur mau mengatakan bahwa di balik semua itu ada ALLAH yang bekerja. ALLAH adalah pusat segala peristiwa alam.  ALLAH memunculkan bulan yang menjadi penentu waktu, ALLAH yang mengatur kapan matahari terbenam dan kapan harus terbit. ALLAH yang memberitahu kapan binatang-binatang  tidur dan bangun. Saat matahari terbenam, singa-singa bekerja dan manusia tidur sebaliknya saat matahari bersinar manusia bekerja dan singa-singa tidur. ALLAH-lah  yang memberi hikmat kepada manusia  untuk bekerja saat matahari  bersinar sampai petang.  Apabila diperhatikan maka semua ritme kehidupan ini diatur ALLAH sedemikian rupa sehingga  berada pada tempat dan waktu yang tepat.  Sungguh untuk mengatur  begitu banyak ciptaan-Nya diperlukan kebijaksanaan  ALLAH yang luar biasa agar semuanya dapat merasakan kasih ALLAH  yang sama. Oleh karena itu Pemazmur menyimpulkan dalam ayat 24:  “ Betapa banyak perbuatanmu ya TUHAN, sekaliannya Kau  jadikan dengan  kebijaksanaan, bumi penuh  dengan ciptaan-Mu.”

Bumi yang penuh ciptaan TUHAN  melangsungkan kehidupannya dengan tepat karena ada ALLAH yang mengatur dan mengelola kehidupan ini.  Manusia sebagai gambar ALLAH mestinya juga dapat mengatur dan mengelola alam ciptaan TUHAN sehingga semua ciptaan penghuni alam ini dapat hidup bersama dalam keseimbangan dan keharmonisan. Manusia tidak boleh memikirkan kepentingannya sendiri sehingga merugikan ciptaan yang lain.

Kita sungguh bersyukur memiliki ALLAH yang sangat bijaksana dalam mengatur ritme kehidupan alam sehingga mendatangkan damai sejahtera bagi semua. Marilah kita meminta hikmat bijaksana dari TUHAN agar kita menajdi gambar ALLAH yang bersikap  bijaksana  terhadap kehidupan semua ciptaan.  Kehidupan ini milik semua ciptaan TUHAN oleh karena itu mari bersikap bijaksana agar bumi ini menjadi tempat yang penuh damai sejahtera bagi semua; semua ciptaan dapat merasakan kasih TUHAN.

Bagaimanakah wujud nyata sikap bijaksana mengatur dan mengelola  alam  ciptaan TUHAN? Ada banyak contoh sikap bijaksana antara lain: hemat Air. Segala kehidupan di muka bumi ini sangat membutuhkan air. Air bersih adalah yang terutama. Hanya satu persen saja dari seluruh jumlah air di permukaan bumi ini yang dapat digunakan untuk dikonsumsi. Hemat air berarti juga hemat uang ; dan kadang membutuhkan pembabatan hutan yang cukup luas hanya untuk membangun sebuah dam. Jangan membuang-buang air ; gunakan setelan kran yang sedang saja dan matikan/tutup rapat bila selesai digunakan. Gunakan ulang sisa air untuk menyiram tanaman di kebun/halaman. Kumpulkan air hujan dalam wadah bila memungkinkan, gunakan untuk keperluan lain nantinya seperti mencuci, mengepel dan lain-lain.

 

Bijaksanalah mengatur dan mengelola sumber daya alam agar kasih  ALLAH dirasakan semua ciptaan

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»