suplemenGKI.com

Rabu, 30 Juli 2014.

29/07/2014

Bacaan : Mazmur 17 : 1-5.

“MEMINTA KEADILAN TUHAN DINYATAKAN”

PENGANTAR :
Pernahkah anda mengalami perlakuan yang tidak adil dari orang lain ? Pemazmur pernah mengalami perlakuan tidak adil dari lawan-lawannya dan bahkan dimusuhi. Namun bagaimanakah sikap pemazmur ? renungan hari ini mengajak kita bersikap yang sama seperti pemazmur.

PEMAHAMAN :
1. apa yang dilakukan Pemazmur, ketika ia mengalami perlakuan tidak adil ?
(ayat 1-2)
2. bagaimana keyakinan pemazmur ? ( ayat 3-5)

Pemazmur mengalami perlakuan yang tidak adil dari musuh-musuhnya dan dari orang-orang fasik. Musuh-musuhnya tidak menunjukkan belas kasihan, digambarkan seperti singa yang bernafsu untuk menerkam. Sungguh, keadaan seperti itu membuat pemazmur tidak berdaya. Lalu apa yang dilakukan pemazmur ?

Pertama : Pemazmur berseru kepada Tuhan, agar Tuhan campur tangan. Pada saat pemazmur tidak berdaya ia meminta dengan sangat agar Tuhan menolongnya. Ia percaya bahwa hanya Tuhan sajalah yang bisa menolong dirinya.

Kedua : Pemazmur menyerahkan dirinya kepada keadilan Tuhan. Pemazmur yakin bahwa Tuhan adalah hakim yang adil . Sebagai hakim yang adil Tuhan akan mengamat-amati hidup seseorang/umatnya, apakah hati dan batin seseorang itu murni ?  Menyadari akan hal itu pemazmur  siap untuk diperiksa dan diselidiki, diuji oleh Tuhan. Sebab ia yakin  bahwa ia berdiri dipihak yang benar/dipihak Tuhan, karena ia telah dengan sungguh-sungguh  berusaha untuk mengikuti kehendak Tuhan.

Siapapun bisa mengalami perlakuan tidak adil, termasuk kita. Jika kita mengalaminya marilah kita mencontoh  pemazmur, kita berseru  meminta tolong kepada Tuhan, jika kita hidup dalam kebenaranNya pastilah Tuhan akan menolong kita.

REFLEKSI :
Marilah kita merenung sejenak ! Bagaimana seandainya anda mendapat perlakuan yang tidak adil ? apa yang anda lakukan ? apakah anda akan melawan atau berserah kepada Tuhan ?  apakah anda mengandalkan diri sendiri atau mengandalkan Tuhan ?

TEKADKU :
Ya Tuhan tolonglah saya, ketika saya mendapat perlakuan yang tidak adil agar kami berani mengandalkan Tuhan.

TINDAKANKU :
Pada hari ini saya akan berdoa bagi orang-orang yang tidak senang dengan saya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«