suplemenGKI.com

Efesus 1:3-14

BERKAT ROHANI LEBIH PENTING DARIPADA MATERI

 

PENGANTAR

“Sepanjang tahun 2015, berkat-berkat apakah yang telah Anda terima dari Tuhan?”  Ketika pertanyaan itu dilontarkan kepada Anda, hal apa sajakah yang akan muncul dalam pikiran Anda? Pekerjaan yang berjalan lancar, masalah-masalah yang dapat dilewati, kesehatan yang baik, kesembuhan dari sakit-penyakit, dan berbagai mukjizat lain yang dikerjakan Tuhan dalam hidup kita. Tentu saja, semua itu memang termasuk berkat-berkat Tuhan yang patut kita ingat dan kita syukuri. Namun tahukah Anda bahwa berkat yang lebih besar dan lebih penting, yang diberikan Tuhan kepada kita adalah berkat-berkat rohani?  Apakah Anda menyadari hal ini? Sungguh amat disayangkan apabila kita sibuk menghitung berkat-berkat materi dan jasmani, namun mengabaikan berkat-berkat rohani.

PEMAHAMAN

Paulus memulai suratnya dengan puji-pujian kepada Allah.  Paulus ingin mengajak orang-orang Efesus mengingat kembali berbagai bentuk kasih karunia Allah yang telah mereka terima, khususnya keselamatan yang mereka terima melalui Yesus Kristus.

Ay. 3-9        Berkat apa sajakah yang telah mereka terima di dalam Yesus Kristus? Dalam kehidupan Anda sendiri, berkat-berkat manakah yang juga telah Anda terima?

Ay. 10-14   Apa tujuan Allah mengaruniakan semua berkat di atas? Sebutkan masing-masing satu hal dari ay.6 dan ay. 10.  Dalam bentuk apakah masing-masing tujuan itu diwujudkan? Ketika Allah mengaruniakan berkat-berkatNya kepada Anda, apakah tujuan seperti di atas itu telah terwujud di dalam diri Anda?

Sama seperti orang-orang di Efesus, kita juga menerima “segala berkat rohani” melalui Yesus Kristus. Kita telah dipilih (ay. 4) untuk menjadi anak-anak-Nya (ay. 5), dan menerima pengampunan dosa (ay. 6). Bahkan, kita juga diberi anugerah untuk mengenal kehendak-Nya (ay. 9).

Berkat-berkat rohani tersebut diberikan kepada kita dengan tujuan yang jelas, yaitu agar kita memuji dan memuliakan Dia (ay. 6), dan agar kita dapat menjalankan peran dan fungsi kita sebagai Tubuh Kristus (ay. 10).

REFLEKSI

Berkat-berkat rohani jauh lebih berharga daripada berkat materi. Berkat-berkat rohani yang kita terima melalui Yesus Kristus itulah yang memungkinkan kita memuliakan Dia dan mengerjakan peran dan fungsi kita sebagai anggota Tubuh Kristus.

TEKADKU

Tuhan, aku bersyukur bahwa Tuhan berkenan menjadikanku anak-Mu melalui Yesus Kristus. Sebagai wujud syukurku, aku bertekad untuk menjalankan peran dan fungsi sebagai bagian dari Tubuh Kristus.

TINDAKANKU

Aku akan mengambil bagian dalam salah satu pelayanan yang ada di gereja dan melakukan pelayanan itu dengan sungguh-sungguh.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*