suplemenGKI.com

ADA PORSI DALAM RELASI

Roma 12 : 9 – 21

 

Pengantar
Dalam hidup ini, kita menjumpai berbagai macam pribadi manusia, yang mana membawa kita pada sebuah relasi yang dapat didasarkan pada hal suka atau tidak suka dengan kepribadian seseorang. Jika kita suka kepada sesorang maka kita akan berbuat baik kepadanya, tapi jika kita tidak suka kepada seseorang maka kita cenderung tidak berbuat yang baik kepadanya. Atau bahkan jika kita diperlakukan tidak baik (jahat) maka kita bisa saja membalas dengan ketidakbaikan (kejahatan). Apakah itu bentuk relasi hidup yang akan kita wujudkan? Juga ketika kita berada dalam relasi dengan TUHAN, apakah berdasarkan rasa suka dan tidak suka? Bagaimana seharusnya kita membangun relasi hidup dengan TUHAN dan sesama? Marilah kita belajar kembali tentang relasi hidup sebagaimana dituliskan dalam surat Roma 12 : 9 – 21. 

Pemahaman

Ayat     9 – 15      :  Apa yang perlu kita perhatikan dalam hal relasi hidup dengan TUHAN dan sesama?

Ayat   16 – 21      :  Apa yang merupakan bagian (porsi) kita, dan apa yang menjadi bagian TUHAN?

Ayat 9 – 15 dapat kita rangkumkan dalam sebuah pernyataan bahwa perlu adanya relasi kasih yang benar antara pribadi orang percaya dengan TUHAN dalam wujud pelayanan dan doa, juga antara pribadi orang percaya dengan sesamanya dalam wujud melakukan kebaikan.

Dan selanjutnya pada ayat 16 – 21 secara tegas menyatakan tentang mana yang menjadi bagian (porsi) kita dan mana yang menjadi bagian TUHAN. Bagian kita adalah tetap melakukan kebaikan, dan jika ada yang perlu menjadi konsekuensi dari perbuatan jahat yang diperbuat sesama itu menjadi bagian TUHAN.

Ungkapan “jangan menganggap dirimu pandai” di bagian akhir ayat 16 menjadi semacam peringatan untuk menegaskan apa yang menjadi bagian kita dan apa yang menjadi bagian TUHAN. Jangan kita berlaku melebihi apa yang menjadi porsi kita. 

Refleksi

Marilah kita mengambil waktu hening sejenak dan merenungkan:

  • Apakah telah terjadi relasi kasih antara kita dengan TUHAN dan sesama?
  • Apakah kita tetap melakukan kebaikan yang adalah porsi kita? Tidak melakukan pembalasan. 

Tekadku
Ya ALLAH, jadikan aku pribadi yang sungguh hidup dalam relasi kasih dengan TUHAN dan sesama dalam porsi yang TUHAN tetapkan. 

Tindakanku
Hari ini saya mau memikirkan dan melakukan kebaikan bagi sesama yang ada di sekitar saya, dan setia melayani TUHAN dengan bersandar kepada TUHAN.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«