suplemenGKI.com

TERGENAPI DENGAN KELENGKAPAN SENJATA TERANG

 

Roma 13 : 8 – 14

 

Pengantar :
Selama hidup di dunia, semua manusia membutuhkan aturan atau hukum yang menjaga keharmonisan dan keselarasan hidup bersama. Aturan dan hukum bersifat memberi perlindungan dan jaminan agar segala perbedaan yang ada tidak untuk saling merusak tapi untuk menjadikan kehidupan yang lebih baik. Namun ternyata ada hal lain yang jauh lebih dapat menjamin kehidupan yang lebih baik, bahkan menggenapinya serta membawa pada keselamatan kekal, yaitu hidup saling mengasihi dan mengenakan perlengkapan senjata terang. Inilah pesan yang hendak disampaikan Rasul Paulus melalui surat Roma  13 : 8 – 14, maka mari kita membaca dan memperhatikannya.

Pemahaman :
Ayat 8 – 10           :  Apa hubungan kasih dan hukum taurat ?

Ayat 11 – 14         :  Mengapa perbuatan kasih dan terang perlu diwujudkan?

Ayat 8 – 10 menunjukkan kepada kita tentang perintah untuk saling mengasihi, yang dalam kaitan dengan ayat-ayat sebelumnya menjadi peringatan bahwa kita semua hanya boleh berhutang kasih. Dengan menerapkan kasih maka kita dinyatakan telah memenuhi hukum Taurat, yang dapat tersimpul dalam firman: “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!” Kasih adalah kegenapan hukum Taurat.

Perbuatan kasih dan terang perlu diwujudkan karena waktu keselamatan sudah makin dekat, maka kita diperingatkan untuk hidup seperti pada siang hari dalam segala yang baik dan benar, jangan seperti hidup dalam kegelapan yang penuh kejahatan. Untuk itu kita perlu menyatukan hidup dengan TUHAN YESUS yang adalah Sang Terang kehidupan. Bersama Kristus kita diperlengkapi dengan senjata terang.

Refleksi :
Dengan merasakan dan menghayati tuntunan Roh ALLAH, marilah kita meneliti hidup kita!

  • Apakah selama ini kita sudah hidup saling mengasihi?
  • Apakah selama ini kita sudah mengenakan TUHAN YESUS sebagai perlengkapan senjata terang?

Tekad :
Ya TUHAN, pimpinlah hidupku oleh Roh-MU agar dapat hidup saling mengasihi dan mampu menerangi kegelapan dunia di sekitarku.

Tindakanku :
Mulai hari ini, saya akan bangun dari ruang-ruang dan suasana kegelapan hidup yang memenjarakan kasih dalamku.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*