suplemenGKI.com

Rabu, 3 Maret 2021

02/03/2021

NAIKKANLAH PUJIAN BAGI-NYA!

Mazmur 105:1-11

 

Pengantar
Memuji Tuhan idealnya dilakukan dalam segala situasi dan kondisi. Namun, adakalanya memuji Tuhan terasa sulit untuk dilakukan ketika mengalami persoalan yang membuat kita sedih dan terpuruk. Padahal jika kita mau mengingat kembali bagaimana karya kebaikan Tuhan, kita akan menjadi kuat dan memiliki semangat dalam melanjutkan kehidupan. Saudara, bacaan hari ini akan mengantar kita untuk memuji Tuhan atas segala kebaikan-Nya. Marilah kita merenungkannya.

Pemahaman

  • Ayat 1-4         : Apa sajakah ajakan pemazmur dalam bagian ini?
  • Ayat 5-6         : Mengapa pemazmur mengajak umat Tuhan untuk memperhatikan dan melakukan ajakannya?
  • Ayat 7-11       : Janji apakah yang Tuhan berikan kepada umat-Nya di masa lampau?

Mazmur 105 merupakan mazmur yang mengajak umat untuk bersyukur, memuji Tuhan, bermegah di dalam Tuhan, dan mencari Tuhan (ayat 1-4). Umat Tuhan, yakni Israel, telah mengalami berbagai kebaikan Tuhan di masa lampau, yang dimulai dari nenek moyang mereka (ayat 5). Hal itu dibuktikan dengan bagaimana pemeliharaan yang dinyatakan Tuhan dalam kehidupan Abraham dan kaum keluarganya, perlindungan yang diberikan pada Israel ketika keluar dari tanah Mesir, kasih karunia Tuhan dalam perjalanan mereka di padang gurun, hingga bagaimana penyertaan Tuhan kepada mereka ketika menghadapi musuh. Tuhan tidak pernah membiarkan mereka berjalan sendiri, melainkan mukjizat dan keadilan-Nya dinyatakan atas seluruh umat.

Dalam perjalanan kehidupan umat-Nya, Tuhan berjanji bahwa Ia akan memberikan tanah perjanjian, yakni Kanaan, untuk menjadi milik pusaka mereka (ayat 11). Janji itu telah diucapkan sejak jaman Abraham dan Tuhan menepatinya. Meskipun pada kenyataannya untuk memasuki tanah perjanjian bukanlah sesuatu yang mudah dan umat sempat mengalami kebimbangan, Tuhan tetap memberikan pertolongan dan kekuatan. Berpijak dari pengalaman itulah, pemazmur mengajak umat Israel untuk bersyukur dan memuji Allah yang kasih setia dan kebaikan-Nya tiada berkesudahan. Demikian pula hal itu berlaku bagi kita. Jika kita mau mengingat bagaimana kebaikan Tuhan yang menolong dalam setiap kondisi, kita akan berdecak kagum dan semakin diteguhkan untuk melanjutkan kehidupan bersama dengan-Nya. Naikkanlah syukur dan pujian bagi Tuhan yang hidup!

Refleksi
Pikirkanlah dan renungkanlah apa saja yang telah Tuhan perbuat dalam hidup saudara. Bagaimanakah respon saudara ketika menyaksikan dan merasakan seluruh karya baik yang Tuhan nyatakan? Apakah hal itu membuat saudara makin hidup beriman kepada Tuhan, bersyukur, dan memuji nama-Nya? 

Tekadku
Tuhan, ajarlah aku untuk melihat kebaikan-Mu yang besar dalam hidupku. Tolonglah, agar hidupku penuhi dengan nyanyian dan ucapan syukur yang berkenan kepada-Mu.

Tindakanku

  • Aku mau memohon pengampunan dari Tuhan, apabila selama ini aku kurang bersyukur dalam segala situasi dan kondisi.
  • Hari ini aku akan belajar mengingat dan menemukan karya kebaikan Tuhan, dan meresponinya dengan membiasakan diri untuk tidak terus-menerus berkeluh kesah, selalu memuji Tuhan dan hidup berserah kepada-Nya.
Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«