suplemenGKI.com

Rabu, 3 Juni 2020

02/06/2020

KESEGARAN AIR HIDUP

Yohanes 7:37-44

 

PENGANTAR
Manusia tidak dapat hidup tanpa air.  Tidak hanya manusia, hewan dan tumbuhan juga sangat membutuhkan air.  Manusia kemungkinan akan mati jika tidak minum air lebih dari 3 hari, sebab sebagian zat pembentuk tubuh manusia itu 73% adalah air.  Fungsi air dalam kehidupan adalah memberi kesegaran saat dahaga, menyehatkan dan membersihkan.  Begitu pentingnya air.  Kepada orang banyak yang sedang bersama-sama Dia, Tuhan Yesus menawarkan air yang membawa kehidupan sejati.  Mari kita renungkan!

PEMAHAMAN

  • Peristiwa apa yang dipakai Tuhan Yesus untuk menawarkan air kehidupan? (ayat 37)
  • Bagaimana Dia menjelaskan makna air hidup? (ayat 38-39)
  • Bagaimana respons orang banyak menerima tawaran Tuhan Yesus? (ayat 40-44)
  • Apakah saudara meyakini dan sudah mengalami segarnya Air Hidup?

Saat itu banyak orang mengikut Tuhan Yesus, menikmati mukjizat-Nya dan mendengar ajaran-Nya, namun mereka masih terus bertanya: “Siapakah Dia sebenarnya?”  Banyak orang tidak mau mendengar dan menerima jawaban Tuhan Yesus, karena telah merumuskan jawaban berdasarkan pengertian sendiri.  Bacaan hari ini menunjukkan bahwa Tuhan Yesus menggunakan kesempatan hari terakhir perayaan Hari Raya Pondok Daun untuk menyatakan diri-Nya “Barangsiapa haus, baiklah ia datang kepada-Ku dan minum!” (ayat 37b)  Hari Raya Pondok Daun adalah salah satu perayaan besar bagi orang Yahudi, setelah panen raya selesai dan berlangsung selama 8 hari berpusat di Yerusalem.  Pada perayaan itu, setiap orang menyaksikan bagaimana rombongan para imam membawa air dari kolam Siloam dan mencurahkannya pada dasar altar di Bait Allah sebagai simbol harapan Israel akan air yang keluar dari Bait Allah mengalir ke berbagai penjuru Israel.  Mereka meyakini yang mengalirkan air itu adalah Allah sendiri (lih.Yehezkiel 47:1-12).

Perkataan Yesus, “Siapa saja yang percaya kepada-Ku, seperti yang dikatakan oleh Kitab Suci: Dari dalam hatinya akan mengalir aliran-aliran air hidup” (ayat 38), menunjukkan bahwa Dia adalah sumber Air Hidup itu.  Ini adalah janji Allah bahwa Dia akan mencurahkan Roh-Nya ke atas semua manusia yang percaya setelah Ia dipermuliakan melalui kematian dan kebangkitan-Nya (ayat 39; Yoel 2:28, 29).  Hal itu juga sebagai tanda kedatangan Mesias yang sejati (bdk. Yes.11:1-10; 42:1-4; 61:1).  Selama perayaan Hari Raya Pondok Daun ini, Yesus telah menyingkapkan diri-Nya. Ia berasal dari Allah dan hanya menyampaikan perkataan yang berasal dari Allah saja (7:16-18, 28-29). Ia adalah Air Hidup, Sang Mesias yang memberi harapan di tengah-tengah krisis harapan akan keselamatan saat itu.

Bagaimana respons orang banyak?  Ada yang mengakui “Dia ini benar-benar nabi yang akan datang” (ayat 40).  Ada pula yang mengakui “Ia ini Mesias”, tetapi tetap ada orang-orang tidak percaya kepada-Nya (ayat 41).  Mereka menolak kesaksian-Nya dengan dalih Mesias itu berasal dari Betlehem bukan dari Galilea (ayat 42).  Seandainya mereka tidak mengeraskan hati dan mau terbuka terhadap kesaksian Yesus, pasti mereka tidak keliru.  Sebaliknya, ketidakpercayaan mereka adalah bukti kekerasan hati dan ketidakterbukaan mereka terhadap berita keselamatan dari Allah.
REFLEKSI
Mari merenungkan: Masihkah kita sungguh-sungguh percaya Dia adalah Air Hidup yang mampu memberi kesegaran saat kita dahaga, mengalami kekeringan harapan karena berbagai persoalan yang menimpa?  Sang Air Hidup itu bisa kembali menyehatkan jiwa kita melalui perkataan-Nya yang menegur, menasehati dan menguatkan.  Mari selalu datang kepada Sang Air Hidup itu dengan kesungguhan hati. 

TEKADKU
Ya Tuhan, lembutkanlah hatiku agar aku semakin percaya Engkau adalah Sumber Air Hidup yang menyegarkan dan menyehatkan jiwaku melalui Roh-Mu dan sapaan firman-Mu.

TINDAKANKU
Hari ini aku mau sungguh-sungguh meletakkan hatiku di tangan-Mu, membiarkan Roh-Mu bekerja agar aku mengalami kelembutan untuk semakin percaya sehingga jiwaku kembali segar dan sehat.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«
Next Post
»