suplemenGKI.com

Yeremia 29 : 1-14

DI BALIK DERITA ADA RENCANA TUHAN YANG INDAH

 

PENGANTAR
Bagaimanakah perasaan anda, jika secara tiba-tiba anda jatuh terpuruk, dalam kesulitan besar, tidak berdaya dan dalam pergumulan ? Mungkin kita akan sangat sedih, kecewa, putus asa dan tidak ada harapan untuk bisa bangkit dari keterpurukan tersebut.

Keadaan seperti itu dialami oleh bangsa Yehuda yang sedang di tawan di Babel. Sebagaimana jika sebuah bangsa sedang ditawan maka mereka akan merasa tertekan dan mengalami masa sulit, seolah-olah tidak memiliki pengharapan untuk keluar dari tawanan. Namun, di balik derita, Tuhan selalu punya rencana yang indah bagi umat-Nya. Renungan hari ini akan menolong kita, bagaimana Tuhan memiliki rencana yang indah bagi umat-Nya  di tengah-tengah situasi sulit yang sedang kita hadapi.

PEMAHAMAN

  1. Apa rencana Tuhan bagi umat Yehuda yang berada dalam pembuangan ? mengapa Tuhan memerintahkan mereka mendirikan rumah,  membuat kebun, berkeluarga ? ( ayat 1-6 )
  2. Dalam menggenapi rencana-Nya, mengapa Tuhan melibatkan usaha dan doa kita ? ( ayat 7-10 )
  3. Apa yang harus kita miliki agar rencana Tuhan terwujud dalam kehidupan kita ? ( ayat 11-14 )

Umat Tuhan ( Yehuda ) memang sedang menghadapi masalah besar. Mereka di buang di Babel karena kesalahan mereka. Tujuan Tuhan menawan bangsa Yehuda di babel adalah supaya mereka mau kembali kepada Tuhan serta mengandalkan Tuhan dalam kehidupan mereka. Oleh karenanya, di tengah-tengah penderitaan di pembuangan Babel, janji Tuhan tentang rancangan yang indah diberitakan kepada bangsa Yehuda. Mereka harus percaya kepada janji Tuhan, namun mereka juga harus sabar. Hal itu terwujud melalui perintah Tuhan dimana mereka harus mendirikan rumah, membuat kebun dan berkeluarga. Hal itu harus mereka lakukan untuk memahami apa rencana Tuhan dalam kehidupan mereka ?

Tuhan akan merealisasikan rancangan-Nya dalam kehidupan bangsa Yehuda apabila bangsa itu, bersedia mengusahakan dalam kehidupan mereka (7). Itu sebabnya Tuhan mendorong mereka untuk bekerja keras membangun kehidupan dan bertekun didalam doa. Agar apa yang Tuhan rancangkan menjadi kenyataan. Tuhan ingin melibatkan kita untuk mewujudkan rancangan-Nya yang indah. Selain bekerja dan berdoa, Tuhan ingin agar umat-Nya percaya kepada-Nya, bahwa Tuhan sanggup menggenapi janji-Nya, karena Tuhan setia.

Dengan tetap mencari apa maksud Tuhan di balik semua peristiwa pahit yang kita alami, jika hal itu memang harus terjadi, pasti Tuhan punya rencana yang indah di dalam hidup kita. Dengan bekerja, berdoa dan percaya akan memampukan kita memahami rencana-Nya. Tuhan beserta kita.

REFLEKSI
Marilah kita merenungkan : pernahkah anda mengalami kegagalan dan keterpurukan dalam usaha atau pekerjaan ? dan pernahkah anda mengalami keterpurukan rohani dan hidup jauh dari Tuhan ? bagaimana anda menyikapi hal itu ?

TEKADKU
Ya Tuhan, ampuni kami karena seringkali kami tidak memahami rencana-Mu di dalam kehidupan ini, terutama pada saat-saat kami terpuruk. Tolonglah kami ya Tuhan.

TINDAKANKU
Saya akan terus mencari apa maksud Tuhan di balik semua peristiwa kehidupan melalui berusaha dan berdoa.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«