suplemenGKI.com

RABU, 3 APRIL 2013

02/04/2013

KISAH PARA RASUL 5:17-25

“MENJADI PRIBADI YANG DAPAT DIPERCAYA: Menguduskan Emosi”                                                                                                                        

PENGANTAR
Tindakan yang Anda lakukan setiap hari mengukir sejarah hidup Anda sebagai umat percaya. Apakah Anda sudah mempertimbangkan dengan baik sebelum melakukan sesuatu ataukah Anda cenderung menuruti intuisi,perasaan,dan emosi semata? Sebab dari situ akan teruji kualitas hidup Anda sebagai individu dan anggota komunitas orang percaya. Apakah Tuhan dan sesama mendapati Anda adalah orang yang dapat dipercaya? Mari kita merenungkannya.

PEMAHAMAN
Dari dua golongan orang dalam perikop ini, kita belajar tentang apa yang seharusnya menjadi dasar dari tindakan kita sebagai jemaat Tuhan. Imam Besar dan pengikut-pengikutnya bertindak menuruti rasa iri hati dan emosi yang tidak terkontrol (ay. 17). Mereka pastinya tahu bahwa mereka adalah pemimpin dan panutan masyarakat yang seharusnya bisa dipercaya dalam bertindak dan membuat keputusan. Sayang sekali mereka lebih menuruti kata hati mereka yang dikuasai iri dan dengki ketimbang mempertimbangkan dengan bijak apa yang akan dilakukan atau diputuskan. Itu membuahkan tindakan yang melawan Tuhan, sehingga Tuhan mengutus malaikatNya untuk menggagalkan maksud dan tindakan mereka (ay. 19).

Sebaliknya rasul-rasul dan orang-orang percaya terus bertekun dalam pengajaran Tuhan untuk dijadikan dasar dan pedoman bertindak dalam kehidupan mereka (ay. 20, 25b). Itu sebabnya Allah menyatakan penyertaanNya dan menambah jumlah mereka semakin hari semakin banyak. Hidup mereka sebagai jemaat dapat dipercaya oleh Allah dan manusia karena mereka mendasarkan tindakan dan perbuatan mereka pada pimpinan dan kehendak Allah. Mereka terus bertumbuh dalam persekutuan yang erat dan nama Kristus semakin diberitakan secara luas, sehingga banyak orang menjadi percaya.                                                                                                                                Gereja Tuhan di masa kini seharusnya juga melandaskan tindakannya kepada pengajaran Tuhan dengan senantiasa menguji apa yang baik, yang benar, dan yang berkenan kepada Tuhan. Demikian pula seharusnya umat Tuhan hidup, sehingga komunitas orang percaya menjadi sebuah komunitas yang saling percaya dan dapat dipercaya dalam bertindak dan mengambil keputusan. Maka nama Kristus semakin dipermuliakan.

REFLEKSI
Pejamkan mata sejenak. Renungkan satu/dua perasaan atau emosi yang sering menghambat Anda bertindak sesuai kehendak Tuhan dan membuat orang lain berjarak dengan Anda.

TEKADKU
Tuhan Yesus, aku bertekad mengontrol perasaan/emosi ________________ dan _______________ agar aku mampu bertindak sesuai dengan kehendakMu dan dapat Engkau percayai untuk menjadi utusan-utusanMu di lingkunganku. Tolonglah aku ya Tuhan. Amin.

TINDAKANKU
Jika perasaan/emosi _________________________ muncul, aku akan segera diam menenangkan diri dan memohon hikmat Tuhan untuk bertindak dengan tepat.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«