suplemenGKI.com

Mazmur 85:9-14 

Indahnya Jika Selalu Bersama Tuhan 

            Bagaimana perasaan saudara jika ada orang yang sudah berkali-kali saudara tolong untuk keluar dari masalahnya, tetapi dalam waktu singkat dia kembali jatuh pada persoalan yang sama, kemudian kembali meminta saudara untuk menolongnya! Mungkin sebagian kita akan merasa malas dan lebih baik membiarkan saja. Mungkin kita akan menilai bahwa orang tersebut hanya ingin mempermainkan kita atau tidak menghargai apa yang sudah kita lakukan baginya atau bahkan kita berpikir bahwa dia sama sekali tidak mendengar, tidak mengindahkan apa yang sudah kita lakukan baginya. Keadaan demikian akan membuat kita tidak lagi nyaman didekati orang tersebut dan dia sendiri lambat-laun akan tidak nyaman, tidak damai sejahtera berada dekat dengan kita. Bacaan kita hari ini penuh dengan ungkapan-ungkapan yang menggambarkan betapa indahnya pemazmur yang selalu bersama Tuhan. 

Pertanyaan-Pertanyaan Penuntun:

  1. Apa yang menjadi kuncinya sehingga pemazmur merasa nyaman dekat dengan Tuhan?
  2. Apa dampak yang akan terjadi jika pemazmur dekat dengan Tuhan?
  3. Sudahkah kita merasa dekat dengan Tuhan, dan dampak apa yang kita rasakan? 

Renungan:

            Kelanjutan dari renungan kemarin, bahwa penghayatan yang benar akan kedekatan dengan Tuhan akan mempengaruhi respon kita kepada Tuhan. Ada beberapa kunci sehingga pemazmur merasa sangat nyaman dan indah bersama Tuhan. Pertama: Kerinduan mau mendengar apa yang difirmankan Allah. Ke dua: Tidak kembali pada kehidupan yang bodoh, dalam arti tidak kembali pada cara hidup lama yang tidak berkenan kepada Allah. Ke tiga: Senantiasa takut akan Allah. Takut akan Allah artinya mengakui kekuasaan Allah, taat perintah Allah dan menyadari bahwa kita manusia lemah, tidak berdaya, penuh kekurangan dan membutuhkan kasih dan pertolongan Allah.

            Pemazmur memakai bahasa-bahasa kiasan untuk menggambarkan suatu dampak yang akan terjadi jika mereka semua mau mendengar firman Allah, tinggalkan hidup lama dan hidup takut akan Allah. Kasih dan kesetian akan bertemu, keadilan dan kedamaian akan bercium-ciuman, kesetiaan akan tumbuh dari bumi, keadilan akan menjenguk dari langit. Semuanya berbicara tentang keadaan, kenyamanan, kedamaian, saling mengasihi, keadilan  dan kesetiaan hidup diantara umat Tuhan satu dengan yang lain. Suatu suasana yang sangat indah. Kita bisa membayangkan jika hidup kita, rumah tangga kita, gereja kita bahkan bangsa kita semuanya hidup dengar-dengaran terhadap firman Tuhan, hidup dalam hidup yang baru dan takut akan Tuhan maka suasana damai, sejahtera, adil, penuh kasih satu dengan yang lain dan kesetiaan mewarnai hidup kita, berkat-berkat Tuhan mengalir dengan derasnya maka suasana surga menjadi sangat nyata dalam hidup kita baik secara pribadi ataupun secara komuniti. Saudara sudahkan kita merasakan hal demikian? Tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan, harus melalui perjuangan, pengorbanan dan penyerahan kepada Tuhan yang punya anugerah untuk semuanya. Kuncinya adalah maukah kita melakukan apa yang sudah diteladankan oleh pemazmur itu! Niscaya kita pasti akan mengalami indahnya bersama dengan Tuhan. Amin.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«