suplemenGKI.com

RABU, 29 MEI 2013

28/05/2013

MAZMUR 147: 7-9

AJAIB CIPTAAN DAN PEMELIHARAAN ALLAH

 

PENGANTAR
Inilah perbincangan bunga Melati, Anggrek dan Mawar tentang keberadaan mereka:

Bunga Melati:  Aku merasa minder sebab bentukku kecil, tapi aku bersyukur karena bauku harum sehingga keberadaanku bisa dirasakan dari wangi yang aku tebarkan.

Bunga Anggrek:  Aku justru iri padamu karena aku tidak memiliki bau yang harum, meski demikian aku bersyukur diberi kemampuan tidak cepat layu sehingga keberadaanku bisa lebih lama dinikmati.

Bunga Mawar: Tadinya aku suka mengeluh dengan keberadaan duri-duri di tangkaiku, sekarang aku menyadari bahwa karena duri-duri itu aku dipetik dengan hati-hati sehingga tidak merusak keindahanku.

Dari perbincangan bunga-bunga itu, kita dingatkan belajar bersyukur atas semua ciptaan-Nya.  Hari ini pemazmur mengajak kita bersyukur atas keajaiban ciptaan dan pemeliharaan-NYA.

PEMAHAMAN
Apa yang membuat pemazmur begitu mengagumi karya Tuhan (ayat 8-9)
Bagaimana cara pemazmur menyampaikan rasa syukurnya (ayat 7)

Menurut para ilmuwan sinar matahari yang sampai ke bumi sudah melalui beberapa lapisan atmosphir.  Lapisan yang paling dekat dengan bumi adalah lapisan ozon, sebagai pelindung sehingga sinar matahari menjadi bermanfaat bagi mahluk di bumi.  Ajaibnya lagi dari panas sinar matahari yang  jatuh ke laut membuat uap air naik ke langit menjadi awan dan turun lagi dalam bentuk air hujan yang sangat dibutuhkan bagi makhluk hidup.  Pemazmur menggambarkan hal ini pada ayat 8, bahwa Allah menutupi langit dengan awan dan menyediakan hujan untuk menumbuhkan rumput.

Pemeliharaan Tuhan tidak hanya untuk manusia sebagai ciptaan yang serupa dengan DIA tetapi juga kepada semua hewan.  Terbukti sampai saat ini masih ada beribu-ribu bahkan mungkin berjuta-juta jenis hewan di bumi.  Dan Tuhan tidak hanya memelihara hewan yang kuat, tetapi juga hewan yang lemah, oleh pemazmur digambarkan sebagai ‘anak-anak burung gagak yang memanggil-manggil’ (ayat 9).  Untuk semua keajaiban dan pemeliharaanNYA pemazmur mengajak kita selalu bersyukur dengan nyanyian dan kecapi.  Pemazmur ingin kita tidak hanya sebatas mengagumi ciptaanNYA, tetapi juga sepenuh hati bersukacita merespon karya nyataNYA dengan gerakan (digambarkan dengan bernyanyi dan bermain kecapi) yang bisa mendatangkan kebahagiaan bagi sekitar kita.

REFLEKSI
Begitu besar karya dan pemeliharaan Allah.  Namun kita sering menganggap ‘fasilitas alam’ yang Allah sediakan untuk menopang hidup kita sebagai hal yang wajar dan biasa-biasa saja.  Kita lupa bersyukur bahkan kadang mengeluh bila kondisi alam atau cuaca tidak sesuai  keinginan kita.  Padahal panas maupun hujan Tuhan pakai untuk mendatangkan berkat bagi semua ciptaan-Nya.

TEKADKU
Ya Tuhan aku ingin disetiap helaan nafasku selalu menyadari bahwa udara yang aku hirup adalah wujud keajaiban ciptaan dan pemeliharanMu.  Tolong aku selalu ingat bahwa seluruh makhluk di bumi ini ada dalam pemeliharanMU.

TINDAKANKU
Hari ini wujud syukurku adalah melakukan:_________ yang merupakan gerakan agar mendatangkan  sukacita bagi  mereka yang ada di sekitarku dan melakukan :___________sebagai wujud peran sertaku dalam memelihara lingkungan sekitarku.

Ya Tuhan aku ingin menyadari disetiap helaan nafasku bahwa udara yang aku hirup adalah wujud keajaiban ciptaan dan pemeliharanMu.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«