suplemenGKI.com

KEKAYAAN ROHANI

Efesus 1: 3-14

 

PENGANTAR
                Berbicara soal kekayaan, maka setiap orang pasti ingin mendapatkannya. Banyak orang berjuang untuk mendapatkan kekayaan tersebut, tentunya dengan cara-cara yang baik. Tahukah anda orang yang terkaya di dunia ini? Menurut kompas.com, Kekayaan Elon Musk bersumber dari dua bisnis utamanya, yakni perusahaan mobil listrik otomatis Tesla dan perusahaan roket luar angkasa SpaceX. Total kekayaan Elon Musk saat ini ditaksir mencapai 311 miliar dollar AS atau sekitar Rp 4.488 triliun. Kekayaan yang fantastis, namun itu kekayaan material,  pernahkah saudara berpikir tentang kekayaan rohani?
PEMAHAMAN
ay 3-6, Apa yang Tuhan karuniakan kepada orang yang percaya?
ay 7-14, Apa yang kita dapatkan di dalam Yesus Kristus?

Paulus menasihati jemaat yang ada di Efesus untuk tetap hidup di dalam Kristus. Paulus mengingatkan bahwa Allah telah memilih mereka sebelum dunia dijadikan dengan tujuan jemaat dapat hidup kudus dan tak bercela di hadapan-Nya. Dalam kasih Kristus orang-orang yang percaya dijadikan anak-anak-Nya.

Apa yang telah Tuhan Yesus lakukan bagi kita orang percaya? Tuhan Yesus menebus dosa-dosa kita dengan darah-Nya sehingga kita mendapatkan pengampunan dosa.

Apa yang Tuhan berikan kepada orang-orang yang percaya? Pertama, ay 3 kita mendapatkan segala berkat rohani di dalam sorga. Sebagai anak-anak Allah kita memiliki kuasa Allah yang menyanggupkan kita tetap hidup setia kepada Tuhan, menyanggupkan kita terus hidup dalam kerohanian yang baik. Kedua, ay 11, “di dalam Kristus” kita mendapatkan bagian yang dijanjikan, sebagai orang yang percaya kepada Tuhan Yesus dan setia di dalam-Nya maka kita mendapatkan apa yang telah Tuhan Yesus janjikan kepada anak-anak-Nya, termasuk di dalamnya adalah kehidupan kekal atau surga (Yoh 14:3).  Ketiga, ay 12, “…boleh menjadi puji-pujian bagi kemuliaan-Nya.” Bagian ini mengingatkan kita bahwa sebagai anak-anak-Nya kita dimampukan untuk menjadi alat bagi kemuliaan-Nya. Maka sadarilah bahwa setiap langkah kehidupan ini dapat memuliakan Tuhan setiap saat. Keempat, ay 13, “ di dalam Dia kamu juga..” telah mendengar firman kebenaran. Sebagai orang yang hidup di dalam Yesus, kita dimampukan untuk mengerti dan memahami firman kebenaran, hal ini memungkinkan untuk kita hidup melakukan kebenaran-kebenaran di dunia ini. Kita diingatkan pula bahwa Roh Kuduslah yang memeterai kita, sehingga menjadi jaminan di hadapan Allah Bapa.

Untuk mendapatkan kekayaan rohani ini tidak dapat di beli dengan harta kita namun dapat kita milki di dalam Tuhan Yesus.

REFLEKSI
Ambil beberapa menit untuk merenungkan: Apakah yang saudara kejar di dalam dunia ini? Apakah yang saudara kejar sudah anda dapatkan? Puaskah anda dengan apa yang anda miliki? Kapan saudara mengejar kekayaan rohani?

TEKADKU
Ya Tuhan, ampunilah kami yang selalu hanya memperhatikan yang kelihatan saja, padalah hal itu semu adanya, ampunilah kami yang melupakan adanya kekayaan rohani, perbaharuilah hidup kami, demi Kristus kami berdoa

TINDAKANKU
Saya hari ini akan memperhatikan kerohanian saya, dengan menjalankan saat teduh yang rutin dan menghidupi menjadi alat untuk memuliakan Tuhan.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*