suplemenGKI.com

Rabu, 28 Maret 2018

27/03/2018

SAKSI SEJATI HARUSLAH MENGERTI

Kisah Para Rasul 10 : 34 – 43

Pengantar
Dalam menceritakan sebuah peristiwa maka seseorang dapat berperan sebagai saksi, terutama jika ia adalah saksi mata yang melihat secara langsung. Tetapi apakah setiap kesaksian yang disampaikan saksi mata dapat dijadikan bukti atau pegangan yang benar-benar dipandang sesuai kejadiannya? Mungkin cerita tentang urutan peristiwa atau akibat yang terlihat oleh mata dapat memiliki nilai kebenaran yang cukup, tetapi apakah alasan atau sesuatu yang ada di balik peristiwa yang terlihat telah dapat kita pahami secara utuh dan benar? Hal ini memang dapat dilengkapi oleh adanya saksi ahli, sebagaimana yang sering terjadi di ruang pengadilan. Tapi bagaimana dengan keberadaan Petrus dan para saksi kebangkitan Kristus, apakah mereka sungguh mengerti tentang TUHAN YESUS? Mari kita membaca Kisah Para Rasul 10 : 34 – 43  untuk mendapatkan berita yang perlu kita perhatikan.

 

Pemahaman

Ayat  34 – 36       :  Apa yang telah Petrus mengerti?

Ayat  37 – 41       :  Apa yang Petrus katakan tentang TUHAN YESUS?

Ayat  42 – 43       :  Apa yang selanjutnya menjadi tugas Petrus?

Melalui peristiwa terkait dengan keberadaan Kornelius yang bukan orang Yahudi, maka Petrus mengerti bahwa ALLAH tidak membedakan orang. Setiap orang dari bangsa manapun yang takut akan TUHAN dan yang mengamalkan kebenaran berkenan kepada-NYA. Bahwa TUHAN YESUS adalah Tuhan dari semua orang. Pengertian yang dimiliki Petrus tidak terjadi begitu saja, tapi melalui proses penglihatan khusus yang TUHAN berikan, serta kesediaan Petrus untuk menerima dan melakukan perintah TUHAN. 

Dan dalam perjumpaan dengan Kornelius dan orang-orang yang bersamanya itu, Petrus tidak sebatas mengerti tapi berperan menceritakan tentang siapa TUHAN YESUS, mulai dari peristiwa pemberitaan dan baptisan oleh Yohanes Pembaptis hingga peristiwa kematian dan kebangkitan-NYA. Namun dalam hal kebangkitan-NYA, TUHAN YESUS hanya menampakkan diri bagi beberapa orang sebagai saksi-saksi-NYA, yang selanjutnya para saksi (termasuk Petrus) ditugaskan untuk memberitakan kepada seluruh bangsa bahwa TUHAN YESUS telah ditentukan Allah menjadi Hakim atas orang-orang hidup dan orang-orang mati. Dan barangsiapa percaya kepada TUHAN YESUS, ia akan mendapat pengampunan dosa oleh karena nama-NYA. Jadi untuk menjadi saksi sejati, seseorang harus sungguh mengerti secara benar. 

Refleksi
Marilah kita mengambil waktu hening sejenak dan merenungkan:

  • Bagaimana pengertian kita tentang ALLAH terkait dengan keberadaan banyak bangsa di dunia?
  • Apakah kita percaya kepada TUHAN YESUS yang telah ditentukan ALLAH sebagai Hakim atas orang-orang hidup dan orang-orang mati?

Tekad
Ya ALLAH, buatlah aku memiliki pengertian yang benar tentang TUHAN YESUS, yang adalah Tuhan atas segala bangsa.

Tindakanku
Mulai hari ini, aku akan lebih belajar mengenal TUHAN YESUS dan terus percaya kepada-NYA.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«