suplemenGKI.com

KEMULIAAN ALLAH DALAM ALAM SEMESTA

Mazmur 19:1-7

 

Pengantar
Ingatkah saudara dengan lagu “Semesta Bernyanyi”? Lagu ini mengingatkan kepada kita betapa besarnya karya Allah atas semesta dan hanya Dialah yang layak ditinggikan. Alam semesta yang Tuhan ciptakan dengan begitu indah patut disyukuri. Tidak ada satupun yang menandingi karya Sang Pencipta semesta. Renungan hari ini akan membawa kita untuk memahami bagaimana kemuliaan Allah tampak dalam alam semesta. Sehingga kita dapat terheran-heran dan kagum atas segala yang diperbuat-Nya.

Pemahaman

  • Ayat 2-3         : Apa yang diberitahukan oleh karya-karya ciptaan Allah kepada kita?
  • Ayat 4-7         : Kepada siapakah kemuliaan Allah dinyatakan?

Mazmur 19 ditulis oleh Daud, yang mana menceritakan kemuliaan Tuhan dalam pekerjaan tangan-Nya dan dalam Taurat-Nya. Mazmur 19:1-7 menceritakan tentang karya ciptaan Allah. Dengan mudah kita dapat melihat kuasa  dari Allah Sang Pencipta. Semua ciptaan Tuhan membuktikan dan mengumandangkan bahwa mereka adalah karya tangan Tuhan. Langit menceritakan kemuliaan Allah dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya (ayat 2). Keduanya, baik Langit maupun cakrawala  berperan dalam menyatakan kehebatan dan kemuliaan Allah.  Langit yang cemerlang menunjukkan bahwa Sang Pencipta adalah Terang, dan tingginya menggambarkan keagungan Tuhan. Bahkan  pergantian siang dan malam yang dinyatakan dalam ayat 3 juga menceritakan kemuliaan Allah, sebagaimana Ia memisahkan terang dan gelap pada mulanya. Benda-benda penerang (mis: matahari) pun Ia ciptakan untuk mengumandangkan kemuliaan-Nya. Pergantian siang dan malam membuka mata kita bahwa sebagaimana dalam kehidupan di dunia ini, Ia menunjukkan kebaikan-Nya bagi kita melalui kehidupan yang juga mengalami perputaran itu.

Kemuliaan Allah dinyatakan untuk seluruh pelosok dunia (ayat 4-5). Oleh sebab itu, ada 2 kesimpulan yang bisa didapatkan melalui karya tangan Tuhan dalam alam semesta:

  1. Allah menopang dan berdaulat penuh atas seluruh atas seluruh ciptaan-Nya.
  2. Dibalik keindahan ciptaan-Nya, Allah menginginkan kepada kita untuk sujud menyembah kepada-Nya.

Refleksi
Pandanglah sejenak ke luar, lihat sekeliling saudara. Rasakan sejuknya udara pagi. Pandanglah sejenak indahnya langit yang Tuhan ciptakan dan sinar matahari pagi yang menghangatkan tubuh. Renungkanlah betapa besar, mulia, dan dahsyat seluruh ciptaan-Nya.  Apa yang sudah saudara lakukan sebagai bentuk ucapan syukur atas segala kemuliaan dan kebesaran-Nya dalam seluruh alam semesta? 

Tekadku
Tuhan, aku bersyukur untuk segala kebaikan-Mu. Tidak ada yang dapat kubanggakan karena semua yang ada di dunia ini adalah milik-Mu. Aku ingin memuji dan memuliakan-Mu setiap saat, atas kebesaran yang Kau tunjukkan kepadaku. Sebab hanya Engkau saja yang layak disembah dan ditinggikan.

Tindakanku
Hari ini aku akan mengambil kesempatan untuk menghayati kebesaran dan kedaulatan Tuhan atas seluruh ciptaan-Nya. Aku mau bersyukur, bermazmur dan memuji nama-Nya.

Digg This
Reddit This
Stumble Now!
Buzz This
Vote on DZone
Share on Facebook
Bookmark this on Delicious
Kick It on DotNetKicks.com
Shout it
Share on LinkedIn
Bookmark this on Technorati
Post on Twitter
Google Buzz (aka. Google Reader)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Previous Post
«